Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung

Permintaan Tinggi di Jepang, Eksportir Ikan Kayu Asal Sulut Kelabakan

Redaksi Manado Today   |   5 April 2011 – 22:58 WITA
Ikan Kayu (sumber foto : perikanan.umm.ac.id)

Ikan Kayu (sumber foto : perikanan.umm.ac.id)

Manado Today – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memasok 25 ton ikan kayu guna memenuhi kebutuhan masyarakat Jepang terhadap produk perikanan yang menipis pasca gempa dan tsunami serta ancaman radiasi nuklir di negara tersebut.
“Sebanyak 25 ton ikan kayu diekspor ke negara tersebut mendatangkan devisa sebesar 13,52 juta yen bagi Sulut,” kata Kepala Seksi Ekspor Impor, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Son Sangadi di Manado, Selasa.
Son mengatakan, pengekspor ikan kayu daerah ini mengaku permintaan komoditas perikanan masyarakat Jepang sangat tinggi saat ini karena sebagian besar nelayan Jepang belum berani melaut.
“Tsunami dan ancaman radiasi nuklir dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang rusak akibat tsunami berdampak pada nelayan di negara ini tidak melaut, sehingga mereka minta pasokan sangat banyak dari Sulut,” kata Son.
Ekspor ikan kayu Sulut ini, kata Son dipasok melalui Satsuma Sendai Jepang, kawasan yang cukup jauh dari ancaman radiasi nuklir.
Permintaan masyarakat Jepang terhadap ikan kayu, kata Son,sangat besar karena itu pengekspor Sulut mengaku kelabakan memenuhi permintaan ditengah bahan baku ikan kayu di daerah ini yang menipis.
“Kondisi perairan laut yang bergelombang cukup tinggi saat ini menyulitkan bagi nelayan memperoleh komoditas ikan, karena itu pembeli Jepang minta kiriman cukup besar dari Sulut,” kata Son.
Ikan kayu bagi masyarakat Jepang, kata Son merupakan salah satu bahan pokok pangan untuk diolah menjadi makanan khas masyarakat negara tersebut, karena itu dalam kondisi saat ini mereka meminta kiriman dalam jumlah cukup banyak. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading