Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Perpanjangan KTP Manual Tabsel, Bayar Rp 35 Ribu

Redaksi Manado Today   |   6 Juli 2012 – 15:11 WITA

TAHUNA, (manadotoday.com)  – Warga di Kecamatan Tabukan Selatan (Tabsel), mengeluhkan proses perpanjangan Kartu Tanda Penduduk (KTP) secara manual. Pasalnya, setiap masyarakat diwajibkan membayar Rp 35 ribu jika hendak memperpanjang KTP manual.

Tak heran kebijakan yang dinilai menyimpang itu menuai sorotan dari warga di wilayah tersebut.

“Masakan, cuma mo urus perpanjangan KTP kong musti bayar 35 ribu. Ini sangat memberatkan bagi kami warga miskin. Padahal, saat ini pemerintah daerah sementara memproses KTP elektronik (E-KTP, Red) secara gratis,” ungkap Willem Takalumang salah satu warga Tabsel, kepada manadotoday.

Takalumang bahkan menyatakan, bahkan praktik seperti ini sudah berlangsung cukup lama yang diduga dilakukan oknum pegawai di kantor Camat setempat. Olehnya, dia meminta kepada Camat agar menindak tegas bawahannya yang mencari keuntungan dengan cara yang tidak wajar itu.

“Jika hal ini tidak ditindaklanjuti, maka saya bersama warga lainya akan melaporkan hal ini kepada Bupati maupun Wakil Bupati,” tandasnya lagi.

Sementara itu, Camat Tabsel, Boy DJ Winerungan ketika dikonfirmasi soal adanya parktik tersebut, dengan tegas menyatakan administrasi untuk pembayaran perpanjangan KTP manual hanya sebesar Rp 20 ribu, bukan Rp 35 ribu.

“Biaya administrasi untuk perpanjangan KTP manual hanya sebesar Rp 20 ribu bukan Rp 35 ribu. Toh kalau ada seperti itu, saya minta warga melaporkan siapa oknum pegawai kecamatan yang menagih sebesar itu. Saya akan tindak tegas,” tutup Winerungan. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading