Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Perparkiran di Manado Sebaiknya Dikelola Perusahaan Daerah

Staff Manado Today   |   14 Oktober 2011 – 08:06 WITA
Parabelem Rompas

DR Parabelem Rompas MT

Manado Today – Tidak bisa dipungkiri wilayah Kota Manado, tiada tempat parkir. Pelak saja, perparkiran bisa menjadi prospek baru sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemkot Manado. Pun demikian agar perparkiran dapat di kelola secara professional dengan ditangani perusahaan daerah atau badan sendiri.

“Ada baiknya perparkiran di Kota Manado di kelola sendiri semacam perusahan daerah. Hal ini bisa dijadikan potensi PAD bagi Pemkot Manado,”ujar DR Parabelem Rompas MT kepada manadotoday.

Hanya saja, untuk membuat badan atau perusahan daerah Pemkot harus menguatkan dengan Peraturan daerah (Perda) atau Perwako sehingga ada payung hukumnya.

“Kalau pun perparkiran bisa dikelola secara mandiri bukan lagi bagian dari Dinas Perhubungan akan memberikan pendapatan yang menjajikan bagi daerah,” tandas Doktor jebolan Universitas Prancis tersebut.

Lanjut dikatakannya, tidak ada salahnya Pemkot Manado mengadopsi hal positif ini dengan Kota Jakarta. Dengan pengelolaan secara sendiri, namun tentunya fasilitas seperti lahan parkir mobil, mobil Derek serta gembok harus segera ditindaklanjuti untuk diadakan.

“Fasilitas penunjang juga harus dipersiapkan selain lahan parkir dan lainnya. Manado sudah menjadi kota besar, malahan pertubuhan ekonomi terus meningkat diatas rata-rata nasional,”katanya.

Senada dikatakan tokoh masyarakat Kota Manado, Terry Umboh sependapat dengan hal ini. Menurutnya, persoalan parkir di Manado harus dikelola secara professional atau mandiri tentunya dibawah pemerintah.

“Selama ini parkir belum dikelola sacara baik, namun demikian tetap saja memberikan kontrubusi yang cukup besar bagi daerah. Manado kini dijuluki tiada lahan tanpa parkir itu kenyataan, jadi sebaiknya ada badan atau perusahaan daerah untuk mengelolanya,”tukasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading