Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Opini Today

Perpustakaan Sarana Pengembangan Minat Membaca dan Menulis Seseorang

Redaksi Manado Today   |   25 Oktober 2010 – 21:58 WITA

Siapa yang tidak tahu perpustakaan? 

Adakah yang belum pernah ke perpustakaan?

Oleh: Helena Elisabet Pajow

PERPUTAKAAN adalah suatu tempat dimana kita mencari ilmu dan menambah wawasan dengan satu jalan, yaitu MEMBACA BUKU. Setiap sekolah, kampus, dan perkantoran pasti memiliki perpustakaan. Selain itu, ada juga perpustakaan yang dibangun di tengah kota, seperti perpustakaan umum. Perpustakaan sendiri adalah tempat kita mencari referensi dalam belajar maupun dalam membuat penelitian/karya tulis. Itulah sebabnya keberadaan perpustakaan sangat penting.

Disini akan dibahas mengenai pemanfaatan pepustakaan dalam mengembangkan minat membaca dan menulis seseorang. Ada beberapa orang yang hobinya membaca buku, sehingga perpustakaan menjadi salah satu tempat favoritnya. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang kurang suka membaca? Harus ada perubahan besar-besaran dari perpustakaan sendiri dalam menarik orang untuk datang membaca. Suasana perpustakaan harus dibuat semenarik mungkin, misalnya ditempeli berbagai kutipan yang memotivasi orang untuk gemar membaca, dan sebagainya. Satu hal yang paling penting, buku-buku yang ada di dalamnya haruslah up to date. Artinya, suasana perpustakaan yang menarik harus didukung dengan koleksi buku yang sesuai dengan perkembangan zaman. Saat ini, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sudah semakin modern dan canggih, dan sudah seharusnya sebuah perpustakaan memiliki koleksi buku-buku yang membahas tentang itu semua. Bagaimana diri kita dapat berkembang dan memiliki wawasan luas jika kita tidak membaca buku-buku yang menulis tentang perkembangan dunia ini? Namun, ini tidak berarti bahwa membaca buku-buku lama tidaklah penting. Hal ini tetaplah penting, dan akan menjadi lebih baik jika pikiran kita juga diisi oleh hal-hal yang sedang hangat dibicarakan saat ini. Kehadiran buku-buku yang up to date juga dapat menarik pengunjung perpustakaan, terlebih perpustakaan sekolah, karena pada kenyataannya, minat membaca para siswa sudah kurang. Siswa-siswa yang kurang gemar membaca bisa saja datang ke perpustakaan karena buku-bukunya yang up to date, yang kajiannya adalah hal-hal terbaru yang belum diketahui. Mereka bisa saja merasa penasaran dan akhirnya membaca buku-buku tersebut. Mulai dari sinilah minat membaca mereka akan timbul sedikit demi sedikit.

Bagaimana dengan minat menulis? Minat menulis datang dari kegemaran seseorang membaca berbagai buku, majalah, literatur, dan hasil-hasil penelitian orang. Melalui itu semua, banyak inspirasi yang muncul dalam benak kita untuk menciptakan karya sendiri, ataupun pengembangan dari yang sudah ada. Bagaimana seseorang dapat menghasilkan sebuah tulisan tanpa memiliki wawasan luas? Tentu saja ia harus MEMBACA.

Ada beberapa buku yang sulit kita peroleh karena jumlahnya terbatas dan harganya tidak terjangkau. Namun, jika buku-buku itu terdapat dalam perpustakaan sekolah, kampus, perkantoran, atau perpustakaan umum, tentu itu bukan hal yang sulit. Hanya denga menjadi anggota perpustakaan, kita dengan mudah dapat membaca buku-buku tersebut, sehingga tujuan perpustakaan dalam mengembangkan minat membaca dan menulis seseorang dapat tercapai.

Sebagai saran, perpustakaan sekolah, kampus, perkantoran dan perpustakaan umum patut memperhatikan keadaan fisik maupun kelengkapan kepustakaannya. Jika ada bagian yang sudah mulai rusak, baiknya itu diperbaiki/direnovasi. Tempat membaca juga harus dirancang sedemikian rupa agar pengunjung betah membaca berlama-lama di perpustakaan. Satu yang paling penting adalah kepustakaannya. Baiknya buku-buku yang ada haruslah benar-benar menjadi penunjang pembelajaran di sekolah atau di kampus, serta menjadi kebutuhan bagi para pegawai perkantoran. Dengan cara seperti ini, pola pikir dan wawasan masyarakat akan terus berkembang. Jika hal ini diperhatikan oleh pemerintah atau kepala instansi (sekolah, kampus, dan perkantoran), pasti negara ini akan semakin berkembang dengan generasi-generasi yang memiliki minat membaca dan menulis yang tinggi, (***)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading