Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Pertamina Diminta Hentikan Sementara Operasional Pabum Lahandong

Ardi Kalumata   |   14 Oktober 2011 – 11:58 WITA

Tomohon Today – Buntut dugaan pencemaran yang telah terjadi di areal Panas Bumi Lahendong, Pemuda Katolik Komisariat Cabang Tomohon meminta agar pihak Pertamina menghentikan sementara pengoperasian di lokasi tersebut. Ini merupakan hasil diskusi dengan beberapa masyarakat serta sejumlah tokoh terkait bersama LSM.

‘’Ya, sesuai pengamatan selama ini, telah terjadi pencemaran lingkungan di sejumlah kelurahan di wilayah Kecamatan Tomohon Selatan seperti Pangolombian, Tondangow dan Lahendong. Dimana pencemaran lingkungan terjadi lantaran adanya kebocoran pipa instalasi Limbah dari PT Pabum Lahendong. Akibatnya pun sawah, kebun masyarakat setempat ikut kena imbas akan pencemaran itu. Bahkan sebagai areal Danau Linow pun disinyalir sudah ikut tercemar dari limbah PT Pertamina Pabum Lahendong,’’ tegas Ketua Pemuda Katolik Komcat Tomohon Fransiscus Talokon kepada manadotoday.

Oleh karena itu pihak PT Pertamina Pabum Lahendong kiranya dapat segera menghentikan sementara waktu proses operasional. Dimaksud adalah untuk segera melakukan perbaikan kembali atas instalasi Limbah yang rusak sehingga nantinya tidak merugikan masyarakat.

Karena jika hal tersebut terus dibiarkan, maka masalah itu akan bisa berdampak pada kesehatan serta peningkatan masyarakat setempat.

Dan tentunya berharap dalam setiap pelaksanaan opersional dapat memperhatikan Undang – Undang nomor 32 tahun 2009 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup serta Keputusan Menteri Lingkungan Hidup nomor 42 tahun 1994 tentang pelaksanaan Audit Lingkungan.

‘’Selain itu kami meminta kepada pemerintah Kota Tomohon untuk dapat segera mengambil sikap akan persoalan ini. Sehingga nantinya masyarakat tidak dirugikan dari segi kesehatan maupun pendapatan dalam hal ini kesejahteraan mereka,;’’ tukasTalokon didampingi Stevi Mentang (Sekretaris), Novri Makalew (Wakil Ketua). (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading