Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Pertamina Dinilai Bodohi Masyarakat Lahendong

Ardi Kalumata   |   13 Desember 2011 – 18:08 WITA
geothermal

Geothermal Lahendong

Tomohon, MTC – Penjelasan dari pihak Pertamina maupun lembaga yang melakukan penelitian dan Pemkot Tomohon melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) terhadap dugaan pencemaran di Lahendong dinilai membodohi masyarakat.
Memang di situ disepakati tentang ganti rugi lahan yang diduga tercemar. Tapi, dari 20 warga, hanya 4 yang hadir mendengarkan penjelasan. Itu pun mereka tak tahu apa yang dijelaskan.
‘’Saya tak tahu apa yang dijelaskan. Yang saya tahu, setelah ada Pertamina, kami sudah tidak bisa lagi menanam, karena yang ditanam mati atau tidak menghasilkan,’’ ungkap salah satu warga yang hadir.
Dari permintaan warga soal jumlah ganti rugi, hanya 75 persen yang disetujui oleh pihak Pertmaina. Padahal, lahan mereka di sekitar lokasi aktifitas Pertamina sudah tidak produktif lagi.
Ketika ditanya mengapa hanya 4 warga yang hadir mendengarkan penjelasan pihak Pertamina dan lembaga yang melakukan penelitian di sana, Lurah Lahendong S Datu mengatakan bahwa itu sesuai surat yang dilayangkan oleh BLH ke pihaknya.
‘’Kami hanya mengikuti petunjuk dari BLH. Kalau mau menghadirkan semua sebenarnya boleh. Tapi, sesuai petunjuk BLH hanya beberapa saja sebagai perwakilan,’’ ungkap Datu yang mengaku memilih warga yang hadir.
Menanggapi masalah Direktur Eksekutif Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Kota Tomohon Stevy D Tampi, penjelasan yang disampaikan di Aula PGE Lansot Selasa (13/12) merupakan pembodohan terhadap masyarakat.
‘’Buktinya, yang hadir tidak mengerti penjelasan yang disampaikan. Sebenarnya, bukti konkrit pencemaran yang terjadi sudah terungkap. Untuk mengetahuinya sangat sederhana. Sebelum ada kegiatan Pertamina, tanaman yang ditanam tak ada masalah. Tapi, setelah ada kegiatan Pertamina, sudah tidak bisa ditanami lagi. Ini sudah jelas,’’ ketus Tampi seraya menambahkan Pertamina jangan terus membodohi masyarakat Tomohon. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading