Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Pemerintahan

Pertamina Pasok 200.000 Tabung Elpiji ke Sulut

Redaksi Manado Today   |   23 Februari 2011 – 16:57 WITA

Sebanyak  200.000 tabung elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram beserta kompor dan regulator sebagai persiapan pelaksanaan program konversi minyak tanah ke elpiji dipasok pihak Pertamina ke Sulawesi Utara.

“Peralatan elpiji tersebut merupakan pengiriman tahap pertama dari rencana keseluruhan 400.000 tabung dan saat ini sudah tersimpan di stasiun pengisian dan pengangkutan elpiji khusus (SPPEK) Kota Bitung,” kata Sales Representative Elpiji Region VI Pertamina Manado Mahfud Nadyo di Manado, Rabu.

Mahfud mengatakan, dengan tersedianya tabung gas tiga kilogram beserta peralatannya tersebut, Pertamina siap mendistribusikan ke masyarakat jika petunjuk pelaksanaan dari Kementerian Sumber Daya Mineral tentang dimulainya pelaksanaan konversi di Manado sudah turun.

“Pertamina hanya menyiapkan tabung beserta perlengkapannya, sementara penentuan kapan pelaksanaan konversi elpiji di Sulut, dari Kementerian Sumber Daya Mineral,” kata Mahfud.

Mahfud mengatakan, pelaksanaan konversi elpiji melalui tiga tahapan, yaitu sosialisasi, pendataan, dan distribusi tabung beserta perlengkapannya.

“Sekarang sudah berada pada tahap pendataan, yang dilakukan oleh konsultan Kementerian ESDM, dan menurut informasi rumah tangga penerima di Sulut untuk sementara sudah sebanyak 316 kepala keluarga,” kata Mahfud.

Sesuai rencana pemerintah, konversi elpiji di Manado akan berlangsung secara bertahap, dimulai di Kota Manado, kemudian diikuti daerah lainnya.

Pertamina sudah menyelesaikan pembangunan Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) guna menjamin pasokan elpiji bersubsidi kepada masyarakat bila program konversi ini sudah dimulai.

“SPPEK Bitung hanya akan melayani elpiji non-subsidi ukuran 12 kg ke atas, tetapi khusus tiga kilogram akan dipasok melalui SPBE,” kata Mahfud.

Tabung elpiji beserta perlengkapannya akan dibagikan kepada masyarakat pengguna minyak tanah dengan syarat belum menggunakan elpiji 12 kilogram dan selebihnya.

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading