Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Pertumbuhan Ekonomi Sulut Lampaui Nasional

Staff Manado Today   |   5 Mei 2011 – 21:50 WITA

Manado – Pada triwulan pertama tahun 2011, perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami pertumbuhan yang pesat, bahkan melampaui pertumbuhan ekonomi Nasional.“Pertumbuhan ekonomi Sulut pada triwulan pertama tahun 2011 tercatat sebesar 6,99 persen, sementara nasional 6,5 persen,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Dantes Simbolon di Manado, Kamis.

Pertumbuhan daerah di atas rata-rata daerah lainnya di Indonesia, kata Dantes, sebagai dampak positif kegiatan internasional latihan penanggulangan bencana alam tingkat ASEAN (ARF-Direx) pada Maret 2011 yang mendorong sektor bangunan naik cukup signifikan.

Sumber pertumbuhan ekonomi Sulut tertinggi sektor bangunan 1,39 persen, disusul perdagangan, hotel dan restoran 1,31 persen, dan pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan 1,29 persen.

Pertumbuhan positif, kata Dantes terjadi di semua sektor secara tahunan, dengan tertinggi pada perdagangan hotel dan restoran 8,79 persen dan terendah sektor listrik, gas dan air bersih 4,46 persen.

Strukturnya tetap pertanian paling tinggi menyumbang pertumbuhan ekonomi Sulut yakni 19,69 persen, bangunan 17,86 persen dan jasa-jasa 17,36 persen, Pertumbuhan ekonomi tersebut dari sisi konsumsi terutama tertinggi dari pembentukan modal tetap bruto (PMTB), disusul ekspor, pengeluaran konsumsi pemerintah dan pengeluaran konsumsi rumah tangga.

Kendati pertumbuhan ekonomi Sulut cukup tinggi dibandingkan nasional, tetapi di wilayah Sulawesi, justru tercatat paling rendah.

“Pertumbuhan provinsi di Sulawesi tercatat rata-rata 7,89 persen, tertinggi yakni Sulawesi Barat sebesar 11,62 persen, disusul Sulawesi Tengah 9,46 persen, Sulawesi Tenggara 8,94 persen, Gorontalo 8,42 persen, Sulawesi Selatan 7,04 persen,” kata Dantes.

“Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota harus mendorong agar kapasitas utama pertumbuhan ekonomi agar dimaksimalkan, dengan demikian angka pertumbuhannya bisa meningkat lagi,” kata Dantes. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading