Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Pertumbuhan Ekonomi Sulut Triwulan I Turun

Staff Manado Today   |   19 Juli 2011 – 10:36 WITA

Manado Today – Pertumbuhan ekonomi Sulut triwulan I (Januari-Maret) 2011 mengalami penurunan sebesar minus 17,86 persen dibanding triwulan IV (Oktober-Desember) 2010. Namun penurunan ini dinilai wajar karena setiap tahun terjadi hal yang sama. Dimana, angka penurunan ini terjadi karena terjadi peningkatan cukup signifikan setiap triwulan IV.

Data BPS Sulut menunjukkan, penurunan terjadi hampir semua sektor ekonomi. Namun penurunan tertinggi terjadi di sektor perdagangan, hotel dan restoran sebesar minus 32,76 persen. Kemudian diikuti sektor pengangkutan dan komunikasi turun sebesar minus 23,37 persen. Sektor pengolahan juga ikut turun sebesar 18,17 persen, dan sektor keuangan, persewaaan, jasa perusahaan melorot sampai minus 14,71 persen.

Meski pertumbuhan ekonomi Sulut triwulan I turun namun tidak dipastikan tahun 2011 ini ekonomi Sulut masih akan tumbuh positif. Geliat ekonomi daerah Nyiur Melambai ini mulai terlihat pada triwulan II tahun ini.

‘’Memang belum ada data resmi tapi untuk triwulan kedua ini ekonomi Sulut tumbuh posiif,’’ ujar sumber di BPS Sulut yang dihubungi manadotoday, Selasa sekitar pukul 11.00 Wita.

Hal yang sama juga dibenarkan sejumlah pengelola perhotelan di Manado. Menurut mereka, tingkat hunian hotel mengalami peningkatan dibanding triwulan pertama.

‘’Apalagi ada beberapa iven nasional yang digelar di Sulut ikut mendongkrak pertumbuhan sektor jasa termasuk perhotelan,’’ ujar Hariyanti, salah satu marketing hotel berbintang 4 di Manado.(dri)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading