Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Pertumbuhan Kredit Gorontalo Melebihi Angka Nasional

Redaksi Manado Today   |   13 April 2011 – 16:26 WITA

Gorontalo Today – Pertumbuhan Kredit perbankan di Provinsi Gorontalo hingga posisi Februari 2011 tercatat telah melebihi angka rata-rata nasional. “Gorontalo, saat ini menjadi provinsi yang dilirik oleh perbankan dalam menjalankan ekspansi bisnisnya, terutama dalam kaitan pengucuran kredit,” ujar pemimpin Bank Indonesia Gorontalo, Wahyu Purnama, Rabu siang.

Dia mengatakan, selama tiga tahun terakhir permintaan kredit di Gorontalo terus tumbuh signifikan, tumbuh 30,78 persen hingga Februari 2011, ini melebihi target pertumbuhan kredit nasional tahun 2011 yang dipatok 22 hingga 23 persen.

Pihaknya mencatat, sebesar 3,5 triliun rupiah kredit telah disalurkan ke masyarakat per Februari 2011, sementara pada Februari 2010 posisi kredit yang tersalurkan masih berkisar Rp2,6 triliun, ini berarti dalam kurun setahun, permintaan kredit di Gorontalo telah bertambah Rp1 triliun.

Terkait dengan hal itu, Wahyu menyatakan pertumbuhan ekonomi telah berdampak pada permintaan kredit di masyarakat, sehingga mengundang perbankan untuk terus meningkatkan ekspansi bisnisnya.

Hal ini terbukti dengan adanya tambahan empat Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) yang telah membuka kantor cabangnya di Gorontalo dalam kurun waktu 2010-2011, yakni Bank Syariah Mandiri, Bank Syariah Mega, Bank Sinarmas dan Bank Internasional Indonesia.

“Menyusul di tahun 2011 ini akan ada beberapa bank lagi yang merencanakan untuk membuka kantor cabangnya di Gorontalo,” tambahnya.

Dia mengatakan, tingginya permintaan kredit masyarakat di Gorontalo, saat ini memang tidak dapat dipenuhi melalui penghimpunan dana local, hampir 60 persen lebih pinjaman masyarakat Gorontalo, ungkapnya, masih dibiayai oleh dana antar kantor.

Itu artinya kantor cabang terkait akan menanggung biaya bunga yang lebih tinggi dibandingkan beban bunga atas penghimpunan dana lokal.

Tercatat dana pihak ketiga murni yang dihimpun di Gorontalo sampai Februari 2011 hanya sebesar Rp2,16 triliun, atau bertambah Rp300 juta dibandingkan kondisi Februari 2010 yang mencapai Rp1,87 triliun, kondisi ini timpang dibandingkan penambahan kredit yang hampir mencapai Rp1 triliun.

Namun menurutnya, ekspansi kredit yang cukup baik di Gorontalo, telah mendorong pencapaian laba yang meningkat. Melihat pertumbuhan kredit yang cukup agresif, lanjutnya, Bank Indonesia menghimbau perbankan untuk terus mempertahankan capaiannya, sementara untuk kegiatan penghimpunan dana juga semakin ditingkatkan sehingga rasio kredit dan simpanan berada dalam ambang wajar. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading