Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Perusahaan di Kota Bitung Banyak Abaikan Program Jamsostek

Aldy Monareh   |   29 Juni 2012 – 10:59 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Perusahaan yang ada di Kota Bitung, ternyata banyak yang tidak mengikutsertakan karyawan dan buruh pada program Jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek).

Sebagaimana disampaikan oleh Dewi, salah satu petugas Jamsostek di Kota Bitung, bahwa saat ini hanya ada sekitar 156 Perusahaan yang mengikutsertakan karyawan dan Buruh pada peogram Jamsostek.

”Dari banyaknya perusahaan dan usaha yang ada di kota Bitung tidak semua pekerja yang diikutkan pada program Jamsostek,” ujar Dewi.

Padahal menurutnya, menjadi sebuah keharusan bahwa perusahaan atau usaha mengikutsertakan pekerja pada program ini. Karena jaminan sosial tenaga kerja ini menyangkut jaminan keselamatan pekerja selama bekerja di Perusahaan.

”Nah jika suatu saat terjadi kecelakaan kerja, sementara buruh atau pekerja tidak ada program Jamsostek, jelas pekerja yang akan dirugikan,” tandasnya.

Ditambahkannya perusahaan yang tidak mengikutsertakan pekerja atau buruh pada Jaminan sosial melanggar Undang-undang Ketenaga kerjaan.

”Ada sanksi, jika perusahaan tidak mengikutsertakan pekerja pada jamsostek. Dan sanksinya berupa kurungan bagi pemilik perusahaan,” tutupnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading