Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Perusahan Ikan di Kota Bitung Terancam Tutup

Staff Manado Today   |   9 Juli 2011 – 23:32 WITA

Bitung Today – Sejumlah perusahan yang bergerak membidangi Perikanan di Kota Bitung terancam ditutup. Hal ini disebabkan kurangnya pasokan bahan baku yakni ikan.

”Jika kondisinya terus seperti ini, dikawatirkan banyak perusahaan ikan yang akan tutup, dan akan berimbas pada pengangguran,” ujar Walikota Bitung Hanny Sondakh.

Penyebabnya adalah ratusan kapal yang melakukan cek point, di pelabuhan Bitung banyak yang sudah tidak kembali melapor setelah melakukan penangkapan, dan ditenggarai hasil tangkapannya mereka jual ke luar Negeri yang nota bene lebih mahal.

Karena dari data yang ada hingga Juni 2011 tinggal 6 ratusan kapal yang kembali melapor setelah melakukan penangkapan sementara dibandingkan dengan tahun 2011 kapal yang datang melapor mencapai 1000 lebih.

”Hal ini yang perlu diseriusi dan ditindaklanjuti instansi terkait, karena hal tersebut merupakan Illegal fishing yang tentunya dilarang,” ujar Sondakh.

Disamping itu pembenahan administrasi terhadap pengurusan berbagai ijin operasi kapal penangkap ikan harus dilakukan dengan tidak memberatkan pengusaha kapal.

”Permasalahn ini perlu dibahas bersama, sehingga perusahaan ikan di Kota Bitung akan kembali bergairah, dan ini juga yang saat ini menjadi perhatian pemerintah bagaimana mencari solusi terbaik untuk permasalahan ini,” pungkas Sondakh. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading