Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Perusahan Pengelola Ikan di Bitung Hentikan Pembelian

Aldy Monareh   |   6 Oktober 2011 – 23:39 WITA

Bitung Today – Kendati beberapa bulan lalu sejumlah Perusahaan pengelola Ikan di Kota Bitung dikabarkan terancam tutup karena kurangnya bahan baku Ikan, namun tidak untuk kondisi yang terjadi beberapa pekan terakhir ini. Pasalnya,sebagian besar unit penangkapan Ikan di Kota Bitung mengalami kenaikan yang sangat signifikan, sehingga sebagian besar pabrik Ikan di Kota Bitung, menghentikan pembelian ikan karena kelebihan stok. Hal ini dikatakan Ketua Asosiasi Kapal Perikanan Nasional (AKPN) Bitung Ruddy Walukow.

Menurutnya akibat stok Ikan hasil tangkapan unit -unit pengelolah mengalami kenaikan, sejumlah pabrik pengalengan dan Ikan Kayu menghentikan pembeliannya. Akibatnya unit-unit ini mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil tangkapannya itu.

”Hasil tangkapan perhari dari seluruh unit saat ini 600-700 ton, sementara kebutuhan pabrik hanya 300 ton per hari, ini rentunya sudah over, dan tentu saja pihak perusahan menolalk melakukan pembelian,” ujarnya.

Untuk mencari solusi tersebut, kata Walukow bahwa saat ini pihaknya terus berupaya melakukan kerjasama dengan pembeli yang berasal dari lura negeri, disamping AKPN juga membuka peluang bagi perusahaan pengelolaan Ikan dari luar daerah di Indonesia.

”Kita juga mendukung penegasan Menteri Kelautan Fadel Muhammad,yang menyatakan pengusaha tidak diperbolehkan melakukan import ikan dari luar negeri, Karena buktinya kita saja beberap pekan terakhir ini mengalami kelebihan Kapasitas (Over Capacity).Sehingga ini dengan sendirinya menepis anggapan segintir orang bahwa hasil tangkapan dan produksi Ikan di Bitung sudah habis, ”tutup Walukow. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading