Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Petani Cengkih Minsel Minta Pemerintah Siapkan Dana Talangan

David Masengi   |   14 Agustus 2012 – 14:21 WITA

Antisipasi Agar Harga Cengkih Tetap Stabil

AMURANG, (manadotoday.com) – Petani cengkih asal Minahasa Selatan meminta agar pemerintah menyediakan dana talangan guna mengantisipasi terjadinya permainan harga di tingkat pedagang pengumpul yang ujungnya hanya akan merugikan petani.

Hal ini diutarakan Sammy Kumayas salah satu petani cengkih asal Motoling Minahasa Selatan Atas (Minsela), menyusul mulai anjloknya harga beli cengkih ditingkat Petani belakangan ini.

”Kami minta agar Pemerintah terus melakukan kontrol terhadap harga jual cengkih di tingkat Petani yang rentan terjadi permainan harga,” ujarnya.

Fungsi kontrol ini kata Kumayas penting dilakukan pemerintah agar tidak terjadi monopoli pembelian di tingkat Petani.

“Beberapa bulan lalu, harga cengkih pernah menyentuk angka Rp 100.000 lebih per kg. Namun setelah musim panen tiba harganya berangsur-angsur anjlok hingga Rp 80 Ribu. Nah agar harga ini tidak akan terus turun seperti yang pernah terjadi beberapa tahun lalu yang mencapai 30 Ribu per kg, maka dana talangan inilah salah satu solusi yang akan membantu petani  agar harga tetap stabil,” ujarnya.

Apalagi katanya saat ini biaya panen hingga perwatan menelan anggaran yang  cukup besar, mulai dari membayar buruh atau pemetik yang per liternya Rp dibayar 3 Ribu hungga 4 Ribu, biaya makan minum, dan proses pengeringan  dan perawatan pasca panen.

”Karena itu kami berharap hal ini akan menjadi perhatian pemerintah, sehingga nantinya petani Cengkih akan hidup sejahtera,” pungkasnya. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading