Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Petani Cengkih Sulut Mulai Lepas Stok

Redaksi Manado Today   |   30 Maret 2011 – 04:00 WITA

Manado Today – Petani di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang masih menyimpan stok cengkih, mulai melepas persediaan yang sempat disimpan selama beberapa bulan, setelah harga di tingkat pedagang pengumpul terus menguat di posisi Rp62.500 per kilogram (Kg).

“Harga cengkih di kisaran Rp62.500 per kilogram di tingkat pedagang pengumpul sudah cukup untuk membiayai semua kebutuhan petani cengkih karena itu mulai melepas stok yang ada,” kata Wem Paat, petani cengkih di Kecamatan Tombulu, Minahasa, Selasa.

Wem mengatakan, dengan harga yang tercipta saat ini, banyak petani di desanya mulai melepas stoknya, karena terdesak kebutuhan rumah tangga, setelah beberapa bulan menyimpan secara sederhana di rumah masing-masing.

Joudy petani Minahasa lainnya, mengatakan, meskipun harga cengkih sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan petani termasuk biaya pendidikan anak, tetapi masih berharap harga komoditas unggulan tersebut naik lebih tinggi lagi.

“Harga cengkih pernah berada di atas Rp80 ribu, tetapi ketika harga terjadi tidak banyak hasil panen petani, makanya ingin harga tersebut tercipta pada tahun ini,” kata Joudy.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Janny Rembet, mengatakan, kenaikan harga cengkih yang terjadi lebih berdasarkan mekanisme pasar.

“Hukum pasar ketika permintaan lebih tinggi dibandingkan penawaran maka harga akan meningkat, saat ini pabrik rokok tetap membutuhkan cengkih sementara stok yang ada di tangan petani sudah semakin menipis, makanya harga akan cenderung naik,” kata Janny.

Kebutuhan pabrik rokok dalam setahun, kata Janny diperkirakan lebih dari 100 ribu ton, sementara hasil panen tidak mencapai separuh dari jumlah kebutuhan tersebut, dan kondisi ini terakumulasi setiap tahun. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading