Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Petani di Bitung Keluhkan Kelangkaan Pupuk

Aldy Monareh   |   9 Maret 2012 – 22:32 WITA

Bitung, (manadotoday.com) – Sejumlah petani di Kota Bitung mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk untuk bercocok tanam. Akibatnya kelangkaan pupuk ini berimbas pada enggannya para Petani untuk bercocok tanam.
”Bagaimana bisa kami akan menanam jika pupuk saja tidak ada. Karena pupuk sangat penting untuk peningkatan hasil pertanian. Dan jika ada itupun sudah sangat maahal, ” ujar Johny salah satu Petani yang berencana pekan depan akan menanam jagung.
Ia menilai pemerintah terkesan tidak menanggapi kelangkaan pupuk yang terjadi saat ini. Padahal disatu sisi para Petani didesak untuk mensukseskan berbagai program pemerintah yakni gerakan sentuh tanah dan Ketahanan Pangan.
”Kan aneh disatu sisi pemerintah mendesak agar Petani terus menanam, namun disisi lain kebutuhan Petani akan adanya pupuk, terkesan diabaikan pemerintah,” tandasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Ketahanan Pangan Ir Lusye Macalawang, mengakui jika kelangkaan pupuk merupakan masalah pelik saat ini dan terjadi hampir di seluruh wilayah Sulut.
”Menang stok pupuk saat ini tidak seimbang dengan kebutuhan Petani. Karena di Kota Bitung kebutuhan pupuk jenis Urea 363 ton, SP 36 sebanyak 64 ton hanya disalurkan dalam jangka satu Minggu,” ujarnya.
Makalawang juga mengakui, kelangkaan pupuk ini sering dimanfaatkan oleh distributor untuk menaikkan harga.
”Dan untuk mengatasi permasalahan ini kami akan berkonsultasi dengan PT Pupuk Kaltim , guna mencarikan solusi yang terbaik akibat kelangkaan ini,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading