Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Petani di Bitung Keluhkan Minimnya Ketersediaan Pupuk

Aldy Monareh   |   16 Januari 2012 – 08:42 WITA

Bitung, MTC – Salah satu hambatan para petani di Kota Bitung dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan Pemerintah pusat dan Gerakan Sentuh Tanah (GST) pemerintah provinsi Sulut, adalah ketersediaan pupuk bersubsidi dan non subsidi.
”Pupuk masih menjadi hambatan kami dalam bercocok tanam, karena minimnya ketersediaan pupuk saat ini sehingga sulit untuk didapat,” ujar Herman salah satu anggota Kelompok tani di Kelurahan Danowudu.
Hal ini juga diakui oleh Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Ketahanan Pangan Kota Bitung Ir Lusye Makalawang, mengungkapkan bahwa hampir seluruh kelompok tani di Kota Bitung juga mengeluhkan hal ini.
”Saya berharap masalah ini menjadi perhatian pemerintah provinsi,” ujarnya.
Sementara itu Kepala Balai Sertifikasi Benih Dinas Pertanian Provinsi Sulut Ir Benyamin Mailangkay, sewaktu bertandang di Kota Bitung akhir pekan lalu mengakui bahwa ketersedian pupuk di Sulawesi Utara, dari informasi yang ia dapatkan, karena kurangnya tenaga buruh bongkar muat di pelabuhan.
”Kondisi ini tentu saja berpengaruh pada distribusi pupuk ke sejumlah daerah termasuk Bitung. Namun lebih tehnisnya untuk penyaluran pupuk kewenangan Disperindag,” jelasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading