Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Petani Ikan Mitra Rugi Hingga Ratusan Juta

Staff Manado Today   |   8 Juli 2011 – 21:42 WITA

Ratahan Today – Bukan saja di sektor pertanian yang mengalami kerugian yang mencapai miliaran rupiah akibat debu Gunung Soputan. Hal yang sama dirasakan para petani tambak ikan di daerah Tombatu, Silian dan Ratahan, di mana sekitar puluhan tambak ikan dengan penghasilan mencapai tujuh ton per satu kali panen tercemar abu vulkanik Soputan.

Informasi yang dihimpun manadotoday melalui di Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Mitra menyebutkan, sekitar 45 ribu ekor bibit ikan dan 35 ribu ekor ikan air tawar dengan berbagai jenis antara lain Ikan Mas, Mujair, Nila yang siap dikonsumsi mati akibat bencana alam baru-baru ini.

Kerugian ini baru didata dari beberpa tambak yang ada di tiga daerah yang terkena bencana alam.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mitra Ir Elly Samuel Sangian ME kepada manadotoday mengatakan, hal ini sudah disampaikan kepada Pemkab Mitra dalam hal ini Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Telly Tjanggulung (T2), dimana kerugian yang dialami oleh para petani tambak ikan mencapai 7 ton persatukali panen.

”Kerugian di sektor perikanan ini sudah kami laporkan ke Pemkab Mitra, “ujar Sangian.

Lebih lanjut Sangian mengatakan, dengan adanya kejadian tersebut pihaknya akan segera memberikan bantuan kepada para petani tambak yang lahan tambaknya rusak akibat bencana.

”Tahap awal kami sudah menyiapkan sekitar 15 ribu bibit ikan air tawar, yang akan di berikan kepada 20 kelompok petani tambak yang ada di tiga daerah, yakni tombatu, silian dan Ratahan,’’ kunci Sangian. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading