Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Petani Salak Pangu Dianjurkan Lakukan Pembibitan Baru

Staff Manado Today   |   16 Agustus 2011 – 17:00 WITA

Ratahan Today – Rusaknya lahan pertanian salak di Desa Pangu Raya Kecamatan Ratahan Timur akibat abu vulkanik dari letusan Gunung Soputan awal Juli lalu, sangat berdampak pada perekonomian masyarakat di desa tersebut. Untuk itu BP4K Mitra menganjurkan petani setempat melakukan pembibitan baru.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (BP4K) Mitra Herman Kosakoy SE MSi, menjelaskan kalau hasil salak yang sekarang di panen petani salak Pangu, tinggal sisa-sisa saja, karena pohonnya sendiri telah mati. Dan untuk kelangsungan dari tanaman salak tersebut harus dilakukan pembibitan baru.

“Kami telah mengajurkan kepada para petani di sana untuk melakukan pembibitan baru. Dan memang butuh waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya. Tapi hanya itu yang bisa dilakukan sekarang ini, “kata Kosakoy.

Dikatakannya lagi, pihaknya sudah ada upaya untuk mencari bibit salak dari luar daerah, namun hal itu belum dilakukan karena raguakan hasilnya yangtidak sama seperti salak asli dari Pangu.

“Tadinya kami akan berupaya untuk mencari bibit dari luar daerah, namun itu belum dilakukan, takutnya hasil salaknya berbeda dengan yang asli dari Pangu, dimana terjadi perbedaan rasanya. Sebab rasa juga bepengaruh pada penjualannya sendiri, “jelas Kosakoy. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading