Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

PETI Marak di Kalait, Pemkab Terkesan Tutup Mata

David Masengi   |   6 Februari 2012 – 22:19 WITA

Warga Desak Aparat Kepolisian Secepatnya Bertindak
Toluaan, (manadotoday.com) – Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di perkebunan Desa Kalait Kecamatan Toluaan marak terjadi. Ironisnya pemerintah kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terkesan tutup mata akan hal ini. Padahal dikawatirkan kegiatan PETI ini akan mengancam kerusakan atau pencemaran lingkungan hidup di kawasan itu.
Pelak saja kondisi ini menuai sorotan sejumlah elemen masyarakat dan pemerhati lingkungan. Mereka meminta agar pemerintah kabupaten Mitra melakukan tindakan antisipasi dengan menghentikan para pelaku PETI di Desa Kalait.
“Pembuangan limba PETI sangat berbahaya, makanya Pemkab Mitra harus segera bertindak, sehingga kegiatan ini tidak akan memperburuk kerusakan lingkungan hidup,” ujar Sandri Manuke tokoh masyarakat asal Mitra yang juga pemerhati lingkungan hidup.
Jika kegiatan PETI dibiarkan oleh Pemkab, yang akan menerima imbas dari kegiatan illegal ini adalah masyarakat sekitar . karena akibat dari pembuangan limbah oleh penambang liar ini, tidak melalui kajian instansi yang berkompeten. Dan paling bahaya ancaman terhadap kelangsungan hidup mayarakat yang tinggal di wilayah pertambangan.
“Bukan hanya pemerrintah, kami minta juga agar pihak kepolisian secepatnya melakukan tindakan, sebab jika terus dibiarkan hal ini akanm mengganngu dan mengancam lingkungan dan masyarakat sekitar,” pungkasnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading