Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

PETI Mulai Beraksi di Picuan Lama Sejak Pekan Lalu

David Masengi   |   2 September 2012 – 18:21 WITA

Kapolres : Buktikan Dulu Jika Ada Warga yang Sudah Mulai Menambang

MOTOLING, (manadotoday.com) – Aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) di Desa Picuan lama Kecamatan Motoling Timur kembali terjadi. Bahkan aktifitas PETI ini kabarnya telah dilakukan sejak pekan lalu oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.

Dari informasi yang diperoleh para penambang ini bahkan tak takut mengakui perbuatannya pada petugas yang tengah melakukan patroli di sekitar lokasi.

”Mereka juga mengaku akan melakukan aktivitas pada lubang galian milik JK alias Jantje yang masuk wilayah tambang PT Sumber Energi Jaya (PT SEJ). Padahal lubang tersebut telah disegel pihak Kepolisian,” ujar sumber resmi.

Alfrets Lumiu, salah satu tokoh masyarakat kepada petugas mengaku aktivitas yang dilakukan pihaknya telah disetujui oleh pemilik lubang di lokasi tambang.

“Hasilnya akan digunakan menutupi pembayaran biaya rumah sakit korban yang dirawat di RS Siloam Manado beberapa waktu lalu. Daripada demo pada pemerintah tapi tak ada tindaklanjutnya,” ungkap Lumiu sembari mnambahkan bahwa di lokasi tambang ini ada sekitar 20 warga yang beraktifitas tanpa ijin.

Sementara itu Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Minsel Pengky Terok saat dikonfirmasi manadotoday membenarkan laporan ini.

“Diperkirakan ada setengah karung rep yakni bebatuan yang mengandung emas diangkut. Tapi lubang yang dibuka itu bukan milik dari JK alias Jantje,” tandasnya.

Terpisah Kapolres Minsel AKBP Sumitro SH saat di konfirmasi mengatakan bahwa saat ini tidak ada aktivitas warga dalam melakukan PETI.
“Jika ada yang bilang warga telah melakukan Penambangan, buktikan. Dan apabila itu benar pasti kami turunkan tim untuk melakukan pembersihan terhadap warga yang melakukan PETI,” tandasnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading