Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung, Headline

Petugas Depot Pertamina Bitung, Kepergok Distribusi BBM ke Perahu Tradisional

Aldy Monareh   |   12 Februari 2012 – 18:03 WITA
distribusi BBM ilegal

Petugas Pertamina terlihat sedang melakukan distribusi BBM ke Perahu Tradisional pada Sabtu kemarin

Bitung, (manadotoday.com) – Di saat sejumlah warga mengeluh sedang kesulitan Bahan Bakar Minyak (BBM) baik Premium dan Solar karena harus mengantri lama di SPBU, dan harga Minyak Tanah yang melambung tinggi. Sejumlah petugas Pertamina diduga malah melakukan transaksi illegal BBM ke perahu milik warga yang biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang.
Hal ini terungkap ketika pada Sabtu (11/02)  kemarin sejumlah wartawan yang sedang melakukan penelusuran di Selat Lembeh, menyusul kabar ada kapal yang tenggelam, yang setelah ditelusuri tidak terbukti, ketika hendak kembali ke daratan ketika melintas di dermaga Pertamina secara tidak sengaja mendapati sejumlah petugas yang sedang melakukan distribusi BBM ke perahu melalui mobil tangki milik Pertamina.
Dari amatan dan rekaman sejumlah wartawan terlihat oknum petugas Pertamina sedang mendistribusikan BBM, dari sebuah mobil tangki Pertamina 8000 liter Bersubsidi yang berada diatas dermaga dengan menggunakan selang tepat di perahu yang sedang berada di dekat dermaga.
Si pengemudi perahu yang ditumpangi sejumlah wartawan ini mengatakan bahwa tindakan yang dilakukan oknum petugas di Terminal BBM Bitung ini merupakan tindakan melawan hukum, sebab menurutnya distribusi BBM harusnya melalui Mobil Tangki, meskipun itu BBM Industri.
”Jika distribusi ke perahu ada apa ini, dan diperuntukan bagi siapa ?” tanya pria asal Papusungan yang enggan disebutkan namanya ini.
Dia juga menuturkan jika penyaluran BBM lancar dan tidak ada penyimpangan pasti warga tidak akan kesulitan seperti halnya saat sekarang ini.
Sementara itu pihak Pertamina melalui Head Officcer Terminal BBM Bitung Guntur Mewengkang, ketika dikonfirmasi dan diberitahu apa yang terlihat dan terekam sejumlah wartawan, mengakui tidak mengetahui aktifitas tersebut.
“Maaf , kami sedang menerima BBM dari kapal tanker. Jadi ada dua kegiatan sekaligus. Dan dibelakang tidak ada minyak tanah,” demikian tulis Mewengkang melalui SMS ketika diberitahu terkait aktifitas ini.Sementara itu Kapolres Bitung AKBP Satake Bayu SIK, ketika diberitahu tentang informasi ini langsung memerintahkan Kapolsek Bitung Tengah untuk melakukan penyelidikan.
”Saya sudah perintahkan Kapolsek Bitung Tengah untuk melakukan penyelidikan,” ujarnya mengakui akan mengambil tindakan tegas jika terbukti ada petugas yang melakukan penyelewengan distribusi BBM. (lou)

 

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading