Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Manado Siar

Pimpinan Swalayan Hypermart Bakal Dipanggil Disperindag Sulut

Redaksi Manado Today   |   21 April 2011 – 21:49 WITA

Manado Today – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara akan memanggil pimpinan pasar swalayan Hypermart untuk dimintai keterangan terkait dengan laporan konsumen tentang minuman ringan kedaluwarsa.
“Laporan masyarakat menyebutkan, pengelola swalayan Hypermart menjual murah minuman ringan jenis Cocacola, tetapi setelah dicek ternyata batas pemakaiannya sudah lewat, karena itu mereka melaporkannya ke perlindungan konsumen,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Janny Rembet di Manado, Kamis.
Janny mengatakan, pihaknya akan meminta konfirmasi kepada pengelola swalayan tersebut, mengapa sampai menjual barang yang sudah lewat tanggal konsumsinya.
“Kami baru menerima laporan sehingga melakukan konfirmasi silang ke pelaku usaha tersebut, kalau itu terbukti ada unsur kesengajaan, pelaku usaha dapat terkena sanksi yang cukup berat,” kata Janny.
Tindakan pemanggilan tersebut, kata Janny, merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kepada konsumen dan menegakkan aturan tentang barang beredar.
“Undang Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan jelas memberi amanat pemerintah untuk memberi perlindungan kepada masyarakat dari barang berbahaya atau tidak layak konsumsi,” kata Janny.
Terhadap kejadian ini, kata Janny, pemerintah daerah meminta pelaku usaha untuk teliti dalam memasarkan produk, bila jelas barang tersebut sudah tidak layak jual, sebaiknya tidak dijual.
“Pelaku usaha harus lebih cermat dalam mengawasi barang yang dipasarkan, mulai dari kode produksi, unsur kelayakan kesehatan hingga tanggal kedaluwarsa diperhatikan harus dengan baik,” kata Janny.
Harian lokal di Sulut memberitakan, pada pekan lalu sejumlah konsumen di Kota Manado mengeluhkan minuman ringan yang dijual murah di Hypermart, karena ternyata sudah lewat tanggal kedaluwarsa.
Konsumen mengaku tertarik membeli karena produk tersebut dijual sangat murah dibanding harga normal minuman ringan dalam kemasan botol literan.

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading