Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Hukum dan Kriminal

PK Ditolak MA, Citra Land Terancam Digusur

Redaksi Manado Today   |   25 Agustus 2010 – 02:08 WITA

Septy : Setiap Warga Negara, Sama dimata Hukum

Manado Today – Perumahan Elite Citra Land milik pengusaha terkenal Ciputra dalam waktu dekat bakal digusur. Pasalnya, Mahkamah Agung menolak PK (Peninjauan Kembali) dengan nomor perkara 424 PK/PDT/2009 tertanggal 9 Juni 2010, yang diputuskan Hakim Ketua DR Andi Abu Ayyub Saleh SH MH, didampingi H Suwardi SH dan Djafni Djamal SH MH. dengan panitra pengganti Purwanto SH. Dimana keputusan tersebut sudah inchra dan final tidak ada lagi upaya hukum.
Septy Saroinsong salah satu warga yang juga koordinator lapangan sewaktu demo-demo di tahun 2007 kepada manadotoday Selasa (24/08/2010) mengatakan keadilan di Indonesia sudah kembali dan ini menunjukan bahwa setiap warga yang ada di bumi Nusantara ini sama dimata hukum.

“ Kami berjuang dari tahun 2001 tapi kalah di PN Manado, tahun 2003 kami banding namun kalah lagi. Terakhir kami mengajuka kasasi ke Mahkamah Agung tahun 2005 dan menang, “ ujar Saroinsong.
Lebih jauh dikatakannya dengan membatalkan keputusan PN Manado No 298/PDT.G/2001/PN.Mdo dan PT Manado No 90/PDT/2002/PT.Mdo.

Dimana pihak Tim Likuidasi Bank Pinaesaan (TLBP) yang di back Up PT CITRALAND mengajukan peninjauan Kembali (PK) ke MA. “ MA menolak PK mereka, artinya Tanah seluas 345.810 M2 yang berdiri bangunan dari CITRALAND harus di kosongkan dan dikembalikan kepada warga,” tandas Saroinsong.

Frits Karel Tampi Ketua Tim Kerja masyarakat penghuni lahan seluas 345.810 M2 itu mengatakan sangat berterima kasih kepada Mahkamah Agung ternyata keadilan masih berlaku untuk masyarakat yang lemah dan miskin.

“saya sangat berterima kasih kepada pihak MA Republik Indonesia atas Keputusan ini dan kepada Presiden SBY yang sungguh-sungguh mereformasi sistem penegakan keadilan di negeri ini sehinnga kami warga kecil bisa merasakan keadilan dan bukan hanya milik kaum tertentu,” tukas Tampi.

Sementara itu, warga sangat mengharapkan Pengadilan Negeri Manado untuk menjalankan apa yang sudah diputuskan oleh MA RI. Pasalnya infomasi dari websitenya Mahkamah Agung yang dikelola oleh Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia didukung oleh USAID-MCC-ICCP dan Indonesia Australia Legal Development Facility. “Kami tinggal menunggu surat salinan keputusan dari MA ke PN Manado, “ ujar keduanya.
Dikatahui tahun 2005 tertanggal 14 Juli Mahkamah Agung telah memutuskan perkara perdata di tingkat Kasasi dengan nomor 560 K/PDT/2003 membatalkan Putusan Pengadilan Tinggi Manado dengan nomor 90/PDT/2002/PT Manado yang menguatkan keputusan Pengadilan Negeri Manado dengan nomor 298?PDT.G/2001/PN.MDO tertanggal 12 Maret 2002.
Pihak TLBP (TIM LIKUIDASI BANK PINAESAAN) yang di back up oleh PT CITRALAND berupaya untuk PK (Peninjauan Kembali), tetapi mereka tidak mempunyai sama sekali bukti baru untuk salah satu syarat pengajuan PK.
Dengan keputusan Mahkamah Agung yang menolak PK dari pihak TLBP maka tanah yang saat ini diduki oleh CITRALAND dalam waktu dekat bakal digusur dan dikembalikan kepada warga yang menghuni dan tinggal di lahan seluas 34.4 hektare itu.(aldi/*)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading