Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

PLN arahkan pelanggan baru ke listrik Prabayar

Redaksi Manado Today   |   21 Mei 2011 – 20:45 WITA

Manado Today – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo dan Sulawesi Tengah (Suluttenggo) mengarahkan tambahan pelanggan baru prabayar sebagai salah solusi yang paling tepat mengatasi masalah listrik.

“Semua pelanggan baru akan kita tawarkan sistem prabayar, karena lebih menguntungkan dapat mengontrol penggunaan listrik dan tidak perlu takut diputuskan sambungan listrik bila terlambat membayar,” kata Deputi Manager Komunikasi dan Hukum PLN Wilayah Suluttenggo, Johanis Willem Dimpudus di Manado, Sabtu.

Tahap pertama kehadiran listrik prabayar, kata Dimpudus, sebanyak 18 ribu pelanggan yang diupayakan akan dilayani, sebagian besar dari jumlah tersebut merupakan sambungan baru seperti perumahan dan lainnya.

Sedangkan bagi pelanggan lama yang ingin menghemat pemakaian listrik maka PLN akan mengganti meter elektronik prabayar (MPB), dengan demikian dapat melakukan pengecekan kapan berakhirnya pulsa listrik yang dibeli.

Keunggulan listrik prabayar, kata Dimpudus, pelanggan listrik dapat mengendalikan penggunaan listrik secara mandiri sesuai dengan kemampuan keuangan keluarga, tidak ada lagi denda dan sanksi pemutusan bila terlambat membayar tagihan rekening.

Menurut dia, privasi tidak terganggu dan lebih merasa nyaman dan tidak dikenakan beban atau biaya bulanan sebagaimana yang ada pada pelanggan biasa.

“Pelanggan sering mengeluhkan jumlah tagihan listrik terlalu banyak tidak sebanding dengan pemakaian, nah pada sistem prabayar ini tidak akan terjadi lagi hal demikian, sebab pelanggan terlebih dulu membeli semacam pulsa atau token untuk penggunaan listrik,” kata Dimpudus.

Tidak perlu cemaskan listrik tiba-tiba padam karena pulsa habis, kata Dimpudus, karena peralatan meter elektronik prabayar (MPB) yang akan diberikan kepada pelanggan secara otomatis akan memberikan tanda atau signal segera membeli kembali token atau pulsa.

Guna melayani pembelian token atau pulsa kepada pelanggan prabayar, kata Dimpudus, akan dibuka titik pembelian di semua kantor ranting PLN yang ada, selain itu akan bekerja sama dengan pihak ketiga yang ingin menjadi penjual token listrik PLN.

Biaya penyambungan untuk listrik prabayar, kata Dimpudus, daya 900 Voltamper (VA) Rp675.000, daya 1300 VA Rp975.000, daya 2200 VA Rp1.650.000, daya 3.500 VA Rp2.712.500, daya 4400 VA Rp3.410.000, daya 5500 VA Rp4.262.500, dan untuk tarif pemakaian listrik seperti biasa yakni berdasarkan Kepmen ESDM No.07/2010 tanggal 30 Juni 2010.

Cara menjadi pelanggan prabayar, kata Dimpudus, melakukan pendaftaran dilengkapi KTP dan sket lokasi selanjutnya petugas PLN akan melakukan survei lokasi.

Pelanggan menyampaikan sertifikasi laik operasi (SLO), kemudian diikuti penerbitan surat persetujuan, dan pelanggan cukup membayar token perdana Rp20.000 sudah dapat menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading