Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Advetorial

PLN Gandeng Pemkot Manado dan Yayasan Lestari Terapkan P3

Aldi Mawitjere   |   20 Juni 2012 – 11:42 WITA

PT PLN (Persero) Suluttenggo, Senin (18/06/2012) mengandeng Pemerintah Kota dan Yayasan Lestari, untuk melaksanakan program 3P yakni Penanaman, Pemeliharaan dan Pemangkasan. Pertemuan PLN, Pemkot Manado dan Yayasan Lestari ditindaklanjuti dengan pendatangan Momoradum of Understanding (MoU), di Aula PLN (Persero) Area Manado.

foto bersama PLN Area manado

Foto bersama PLN Area Manado, Pemkot Manado dan yayasan Lestari

Hadir dalam penadantanganan MoU tersebut, Pemkot Manado diwakili Badan Lingkungan Hidup (BLH) Manado, Johsua Pangkerego, Yayasan Lestari Reymon Mudani, serta pihak penyelenggara yakni PLN Wilayah Suluttenggo dan PLN Area Manado.

Sebelum dilakukan pendatangan kerja sama, pertemuan diawali dengan pemaparan dan dialog, berbagi pengalaman antara PLN sebagai penyelenggara, Pemkot Manado serta Yayasan Lestari.

Camat Sario dan Camat Mapanget

Camat Sario dan Camat Mapanget saat menandatangani MoU

Manurut Kepala BLH Johsua Pangkerego, menyampaikan pesan Walikota GS Vicky Lumentut, tentang kolaborasi dan replikasi dalam membangun Kota Manado.

“Intinya menjaga estetika dan keindahan kota harus ada kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat termasuk yang telah dilakukan oleh PLN. Untuk itu, kalau selama ini terjadi miss komunikasi terkait pemakasan pohon, kedepan perlu ada koordinasi matang. Apalagi dengan adanya MoU ini,”terang Pangkerego.

PLN manado

Jajaran PLN area manado

PLN Wilayah suluttenggo

Jajaran PLN Wilayah serta Humas

Menariknya, setalah terjadi dialog tentang jenis pohon yang akan ditanam, akhirnya kiara payung menjadi pilihan sebagai peneduh kota Manado.

“Kiara payung memang sangat sulit untuk dibudidayakan. Kalau pun itu akan diimport PLN dari luar daerah seperti jawa, kita pemerintah kota sangat bersyukur,”ujar Pangkerego.

Camat Mapanget

Kepala BLH Manado bersama Camat Mapanget

Sementara itu, Manger Area Manado Frans Lisi mengatakan, dipilihnya kiara payung sebagai bibit pohon oleh PLN untuk melaksanakan program P3 agar supaya tidak akan mengganggu jaringan listrik.

“70 persen gangguan sehingga terjadi pemadaman lisktrik disebabkan oleh jaringan yang tertimpa pohon. Untuk itu, langkah memaksimalkan program 3P dengan melibatkan Pemkot Manado dan Yayasan Lestari. Kita berharap kedepan tidak ada miss komunikasi akan pemangkasan, karena kita telah menargetkan satu yang dipotong diganti dua pohon,”tandasnya.

PLN

Penjelasan salah satu petinggi PLN

Tak pelak, program P3 oleh PLN ini langsung mendapat respon positif dari Pemerintah Kota Manado. Pasalnya, P3 itu menjadi program wajib dari para camat menjaga lingkungan. Olehnya, Camat Mapanget Dra Lenda Pelealu dan Camat Sario Xaverius Runtuwene SIP sangat bersyukur dengan adanya program 3P dari PLN.

“Kita sangat bersyukur, karena kita sebenarnya akan segera menanami pohon di sepanjang jalan ke bendara, namun dengan adanya program PLN 3P, tentunya akan lebih membantu,”tandasnya.

3P Manado

Suasana tanya jawab terkait 3P

Senada dikatakan Camat Sario, program penghijauan menjadi salah satu program unggulan kota manado yang diterapkan hingga ke lingkungan.

“Jadi dengan adanya program P3 dari PLN, tentunya akan saling mendukung. Kita sangat mendukung akan program ini karena untuk kebaikan kita bersama,”tuturnya.

MoU PLN Manado

Penandatanganan MoU

Seperti diketahui, Kecamatan Mapanget yakni sepanjang jalan menuju bandara Samratulangi dan kecamatan Sario akan menjadi pilot project P3 di Kota Manado. Dan nantinya kedepan program P3 ini akan diterapkan hingga wilayah kota Mando.

“Kami harap bukan hanya di Manado tapi bisa meluas hingga daerah, Kotamobagu maupun di wilayah PLN Suluttenggo,”pungkas perwakilan Yayasan Lestari Reymon Mudani.(aldi_mawitjere)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading