Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Advetorial

PLN Lakukan Pemutusan Pelanggan Menunggak di Rayon Manado Selatan

Aldi Mawitjere   |   26 September 2012 – 05:56 WITA

rayon Manado selatan

MANADO, (manadotoday.com) – Setelah melakukan pemutusan palanggan di wilayah Rayon Manado Utara, PLN Cabang Manado kembali melaksanakan hal yang sama di wilayah Manado Selatan. Pemutusan tampa pandang bulu tersebut dibawah pimpinan langsung Asisten Manager (Asmen) Niaga, Robert Weku.

Tindakan tegas pihak PLN terdahap pelanggan yang menunggak diatas 1 bulan adalah salah satu program kerja GM PLN Suluttenggo, Ir Santoso Januarsono MM, mengembalikan kejayaan Cabang Manado di Indonesia Timur.

“Manado, Gorontalo dan Palu merupakan penunggak paling besar di wilayah Suluttenggo,”ujar Janu sapaan akrab GM Suluttenggo.

Menindaklanjuti instruksi GM Suluttenggo tersebut, Asmen Niaga yang memimpin langsung pemutusan mengatakan bahwa hal itu bagian dari upaya PLN memberikan kesadaran bagi pelanggan memenuhi kewajibannya.

“Dari penelusuran kami, cukup banyak pelanggan yang menunggak pembayaran iuran listrik. Ini tentunya sangat mengganggu Operasional PLN,” jelas Weku.

Dari data yang ada, jumlah pelanggan di wilayah PLN Rayon Manado Selatan sebanyak 51.601 pelanggan, sedangkan yang menunggak sebanyak 14.073 pelanggan.

Asmen Weku

Diantara 72 pelanggan yang terpaksa dilakukan pemutusan sambungan terhadap pelanggan yang menunggak pembayaran, yakni Kantor Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara dan Kantor Dinas Pendidikan Sulawesi Utara.

Meski demikian, untuk pelanggan yang terlanjur dibongkar rampung sambungan pada meter, masih bisa menjadi pelanggan PLN namun harus memenuhi beberapa persyaratan.

“Aturannya lewat tanggal batas pembayaran akan diputus sementara, kemudian tambah 60 hari jika belum dibayar, maka akan dibongkar rampung. Tentu saja harus melunasi tunggakan dan kemudian membayar biaya sambung baru. Selain itu, pelanggan tersebut akan kita alihkan ke listrik pintar,” urainya.

Agar hal ini tidak terjadi lagi, Weku berharap masyarakat memperhatikan kewajibannya.

“Sebaiknya jangan menunggak. Bayarlah tagihan sebelum petugas kami datang ke rumah memutuskan sambungan listrik,” harapnya.

pemutusan pelanggan listrik

Dengan adanya program pemutusan sambungan listrik ini memberikan dampak positif sehingga pelanggan berupaya melunasi tunggakannya. Selain itu Weku menyatakan, pelaksanaan pemutusan sambungan akan dilakukan setiap hari bagi pelanggan yang menunggak pembayaran iuran listrik.

Kegiatan pemutusan ini bertujuan agar masyarakat yang belum membayar segera melunasi kewajibannya.

“Kami tidak pandang bulu, siapa pun yang menunggak pembayaran iuran listrik akan dilakukan pemutusan sambungan listrik,” tandasnya.
Sementara itu untuk pemutusan sementara dibebankan kepada pelanggan yang  menunggak satu hingga dua bulan.

“Kalau mereka langsung bayar kami akan pasang kembali tanpa biaya,” tambahnya.

Sebaliknya, untuk pelanggan yang menunggak tiga bulan keatas dan meteran tidak dicabut, pada saat pembayaran maka akan diarahkan untuk beralih ke meteran pintar.

Pemutusan listrik

Pemutudan sambungan di Capilduk manado

“Meteran pintar atau listrik pintar menggunakan voucher isi ulang,” katanya.

Adapun untuk biaya pasang meteren sambungan listrik yang baru dibawah 2200 daya hanya Rp 750 per VA.

“Untuk daya diatas 2200 daya dikalikan Rp 750 per VA,” jelasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading