Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

PLN Suluttenggo Tadantangani Nota Kesepahaman Pembangunan PLT Biomassa

Aldi Mawitjere   |   1 Agustus 2012 – 01:02 WITA

Terkait Pembangunan Pusat Listrik Tenaga Biomassa 10 KW di Kabupeten Toli-Toli

Januarsono

Penandatanganan Nota Kesepahaman pembangunan PLT Biomassa

MANADO, (manadotoday.com) – PT PLN (Persero) Suluttenggo, terus meningkatkan palayanan listrik kepada masyarakat. Buktinya, setelah pekan lalu melakukan pendatanganan nota kesepahaman pembangunan pusat listrik tenaga Biomassa di Gorontalo. Hal yang sama juga dilakukan PLN Suluttenggo untuk Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah, terkait rencana pembangunan PLT Biomassa 10 MW di Desa Kamlu Kecamatan Ogodeide.

Pendatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan secara langsung General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Ir Santoso Januarsono MM MBA dengan PT Tirta Wangi Power diwakili Anthony Surianto, disaksikan langsung Bupati Kabupaten Toli-Toli Saleh Bantilan SH MH serta jajaran manajemen PLN Wilayah Suluttenggo dan Manajer Area Toli-Toli.Manajer Area Toli-Toli, Yarid Pabisa menyampaikan rasa gembira atas rencana pembangunan PLT Biomassa ini karena selama ini kelistrikan di KabupatenToli-Toli terutama disaat beban puncak hanya bergantung pada PLTD dan 2 buah PLTM yakni Tomini dan Kolondom.

Selain itu pembangunan PLT Biomassa ini juga akan mengurangi pemakaian BBM Solar dan meningkatkan rasio elektrifikasi Area Toli-Toli yang saat ini baru sekitar 54 persen, walaupun secara keseluruhan sudah 85 persen Desa yang dialiri listrik.

Sementara Anthony Surianto yang mewakili PT. Tirta Wangi Power menyatakan rencana pembangunan PLT Biomassa 10 MW di Desa Kamalu ini dilakukan pada area seluas 40.000 hektar lahan dan akan menggunakan bahan bakar residu dari pohon sengon (Calliandra dan Leucaena).

Lanjut dikatakan Surianto, setelah penandatanganan Nota Kesepahaman ini, mereka akan segera melaksanakan Feasibility Study (FS) sebagai tindak lanjutnya.

Sementara General Manager PLN Wilayah Suluttenggo menyambut baik rencana investor yang akan membangun PLT Biomassa di Toli-Toli dan meminta pembangunan PLT Biomassa ini untuk dipercepat, tidak perlu menunggu sampai tahun 2016 selesai dan dioperasikan.

“PLN menganalisa pertumbuhan kebutuhan penggunaan energi listrik oleh masyarakat sangat cepat. Untuk bahan bakar PLT Biomassa ini tidak perlu menunggu hasil perkebunan sengon, melainkan menggunakan bahan bakar apa saja yang tersedia sehingga bisa segera beroperasi pada tahun 2014″ujar Janu sapaan akrab GM Suluttenggo.

Janu pun memperkenalkan Listrik Pintar sebagai produk unggulan PLN yang dulu dikenal dengan Lisrik Prabayar kepada Bupati Kabupaten Toli-Toli beserta rombongan yang hadir.

Program ini disambut baik oleh Bupati Toli-Toli dan menugaskan Manajer PLN Area Toli-Toli untuk segera memasang Listrik Pintar di Rumah Jabatan Bupati.

Sementara itu Bupati Toli-Toli Moh. Saleh Bantilan, SH, MH mempersilakan kepada investor yang akan menanamkan modalnya di Kabupaten Toli-Toli dengan membebaskan biaya pengurusan izin-izin dan mempermudah semua kebutuhan yang diperlukan oleh para investor.

Bantilan juga mendorong PT. Tirta Wangi Power untuk mempercepat pembangunan PLT Biomassa ini, sehingga bisa cepat beroperasi dan memberikan kontribusi bagi kelistrikan Toli-Toli itu sendiri.

“Apapun program PLN untuk menyediakan listrik dalam upaya meningkatkan kesejateraan rakyat pasti didukung oleh Pemerintah Kabupaten Toli-Toli. Kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten, PLN dan Investor. sehingga kelistrikan di Toli-Toli akan cukup tersedia”, ujar Bantilan.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading