Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Plt Sekot Bitung Klarifikasi Soal Dana Bencana Alam 2010

Manado Today   |   26 Januari 2011 – 04:52 WITA

Bitung Today – Terkait beredarnya kabar yang mengatakan pihak Pemkot Bitung telah mengalihfungsikan dana bencana alam bantuan pemerintah pusat lewat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk proyek prasarana jalan, dibantah keras Pelaksana tugas (Plt) Sekot Bitung, Drs Edison Humiang Msi.Menurutnya, dana tersebut saat ini belum digunakan karena proses tendernya belum dilaksanakan.

“Dana bencana alam itu, saat ini belum digunakan karena belum melalui proses tender. Jadi kabar yang mengatakan Pemkot telah mengalihfungsikan dana tersebut, itu tidak benar,” tegas Humiang.

Lanjutnya mengatakan, sampai saat ini tidak ada masalah dengan dana tersebut. Sebab, pencairan tahap pertama sebesar 5 Milliar, saat ini masih berada di Bank BRI Bitung.

Dijelaskannya lagi, soal instansi teknis pelaksanaan proyek itu adalah Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bitung. Namun, seluruh proyek yang akan dilaksanakan harus melalui berbagai tahapan dan mekanisme berdasarkan petunjuk pemerintah pusat.

“Proses tendernya baru akan dilakukan. Jadi dana bencana belum ada yang digunakan apalagi untuk pembuatan jalan,“ terang Humiang.

Disisi lain, kata Humiang lagi, soal kunjungan KPK beberapa waktu lalu di kota Bitung, merupakan program untuk melakukan pemantauan, permintaan data realisasi kegiatan pembangunan, dan pemeliharaan infrastruktur tahun anggaran 2010 berdasarkan surat KPK nomor : R – 2842.8/30-33/10/2010 yang dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, tentang upaya pencegahan tindak pidana korupsi serta menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan keuangan.

“Untuk surat KPK itu, tidak ada sangkut pautnya dengan dana bencana karena ini merupakan rutinitas dari KPK untuk melakukan pemantauan di seluruh daerah,” ketusnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • Revlus Udampo mengatakan:

    KEPADA PEMKOT BITUNG,TOLONG DIPERHATIKAN ITU JALAN KE ARAH PEKUBURAN BARU DI WANGURER UTARA (JLN KUBUR BARU) BIAR HANYA DI BUATKAN PARIT UNTUK SALURAN AIR AIR KLU BAJIR,JLN ITU SETIAP HUJAN PASTI BAJIR DAN JALAN RUSAK PARAH SAMPAI2 MOBIL JENAZAH TIDAK BISA LEWAT DISITU.JADI MOHON DIPERHATIKAN ITU,DAN PERLU DIKETAHUI JUGA BHW DAERAH ITU PERNAH DI LALUI BANJIR YG CUKUP BESAR SEKITAR THN 2006 LALU,DAN JLN ITU SDH PERNAH DIUKUR DAN DIPATOK TAPI SAMPAI SAAT INI BLM ADA REALISASINYA……….Sebelumnya Diucapkan Terima Kasih atas perhatiannya.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading