Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

PMI Bagikan 15.000 Masker di Tomohon

Staff Manado Today   |   16 Juli 2011 – 17:07 WITA

Tomohon Today – Palang Merah Indonesia (PMI) telah menyalurkan sekitar 15.000 masker kepada masyarakat sejak meningkatnya aktivitas Gunung Lokon, di Tomohon, Sulawesi Utara pada Sabtu (9/7).

Sekretaris Pengurus PMI Cabang Tomohon, Levie Golioth di Tomohon Jumat mengatakan, ribuan masker tersebut dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar gunung itu.

“Sejak Senin (11/7) sampai saat ini, telah disalurkan sekitar 15.000 masker kepada masyarakat berada antara lain di Kelurahan Kinilow, Kinilow 1, Kakaskasen 1, Kayawau dan Wailan,” kata Levie.

Levie Golioth mengatakan, selain masker maka bantuan lainnya juga telah disalurkan kepada para pengungsi yakni sekitar 700 selimut.

PMI menurunkan sekitar 150 personil untuk membantu masyarakat akibat meningkatnya aktivitas gunung tersebut.

Personil antara lain terdiri atas petugas PMI, Satuan Penanggulangan Bencana (Satgana), Korps sukarelawan yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi serta Palang Merah Remaja (PMR) berasal dari sejumlah sekolah menengah atas (SMA) di Tomohon.

“Sejumlah tenaga dokter juga telah disiapkan untuk membantu dalam memberikan pelayanan kepada pengungsi korban Lokon,” katanya.

Dia menambahkan, PMI pusat maupu PMI Provinsi Sulut terus mendukung PMI Tomohon dalam melaksanakan tugas-tugas perbantuan akibat meningkatnya aktivitas gunung itu.

Menyinggung kendala yang dihadapi dilapangan, Leivie mengatakan, antara lain sulitnya memperoleh bahan bakar minyak seperti solar dan premium.

“Keterbatasan bahan bakar itu mempengaruhi mobilitas dilapangan,” katanya.

Sebelumnya, pada Sabtu (9/7) Gunung Lokon meletus sebanyak tiga kali. Letusan pertama terjadi pada pagi hari yakni pukul 07.10 WITA, kemudian 11.20 WITA dan pada pukul 14.14 WITA, kemudian pada Minggu (10/7) pukul 22.00 WITA dinaikkan status awas karena sempat mengeluarkan abu vulkanik.

Aktivitas gunung tersebut terus terjadi hingga Kamis (14/7) malam sekitar pukul 23.30 WITA.

Tercatat sampai saat ini ada sekitar 4.544 warga berasal dari Kelurahan Kinilow, Kinilow 1 dan Kakaskasen 1 yang telah diungsikan akibat Gunung Lokon tersebut.

Ribuan pengungsi itu tersebar pada enam titik, masing-masing, Sekolah Menengah Atas (SMA) Kriaten 1 Tomohon, SMA Kristen Binsus Tomohon, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kristen 2 Tomohon, Sekolah Menengah Pertama 1 Tomohon, Taman Kota dan Sekolah Dasar GMIM VII Tomohon. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading