Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

PMI Manado Akan Bentuk Relawan Siaga Bencana

Aldi Mawitjere   |   16 Maret 2012 – 23:16 WITA
Paula Runtuwene

Ketua PMI Manado, Prof Dr Paula Runtuwene MS DEA

Manado, (manadotoday.com) — Ketua PMI Manado, Prof Dr Julieta Paula A Lumentut-Runtuwene MS DEA, mengatakan pihaknya akan memberntuk relawan siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT) di Kelurahan yang berdasarkan data dan kondisi daerah dipandang rawan bencana. Hal ini dimaksudkan sebagai reaksi cepat untuk menanggulangi bencana yang mungkin terjadi.
Menurut Runtuwene yang juga selaku Ketua TP PKK Kota Manado, relawan yang akan dilati untuk bereaksi cepat dilapangan itu terdiri dari masyarakat di wilayah tersebut.
“Mereka akan melakukan pertolongan pertama dan melakukan tindakan-tindakan awal guna meminimalisasi korban bencana,”terang istri tercinta Walikota Manado GS Vicky Lumentut itu kepada wartawan Jumat (16/03/2012) saat melakukan sosialisasi program Pengurangan Resiko Terpadu Berbasis Masyarakat (PERTAMA) di Kelaurahan Paal 4, Kecamatan Tikala.
Sekretaris PMI Manado, John Suak menambahkan, dalam waktu dekat pelatihan siaga bencana ini akan berlangsung.
“Peserta akan dilatih oleh mentor yang telah berpengalaman dibidang kepalangmerahan dan penanggulangan bencana. Intinya kegiatan ini untuk memberikan upaya pertolongan, dengan harapan agar warga juga ikut berperan bila terjadi bencana,”ujar Suak sembari menambahkan bahwa kegiatan ini juga bagian dari upaya peningkatan sumber daya masyarakat dalan proses penanggulangan akibat bencana.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading