Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

PN Bitung Bakal Ketambahan Tiga Hakim

Aldy Monareh   |   1 Desember 2011 – 09:10 WITA

Bitung, MTC – Ratusan kasus yang dilimpahkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) yang masuk proses persidangan di Pengadilan Negeri Bitung, sejauh ini penanganannya lambat karena kurangnya Hakim. Namun masalah ini akan teratasi karena dalam waktu dekat PN Bitung bakal ketambahan tiga hakim.
“Yang saya dengar, PN Bitung dalam waktu dekat akan ketambahan tiga Hakim. Dan kemungkinan sudah akan bertugas pada bulan Desember ini,” ungkap Ketua PN Bitung Ahmad Salihin SH MH.
Saat ini kata Salihin, PN Bitung baru memiliki 6 Orang Hakim itupun sudah termasuk Ketua dan Wakil Ketua, sehingga di hampir setiap persidangan yang menangani kasus hanya persidangan, hakim yang itu-itu saja.
”Jika ke tiga hakim ini sudah akan bertugas, maka penyelesaian kasus akan ditingkatkan,” ujarnya.
Saat ini kata Salihin di PN Bitung ada sekitar 300 kasus yang dilimpahkan Kejari masuk proses persidangan yang masih akan di proses, dan baru sekitar 60 Kasus yang disidang.
”Tidak mungkin setiap hari bisa terselesaikan satu kasus, karena prosesnya panjang. Apalagi jika kasus itu adalah kasus Korupsi yang memerlukan banyak saksi,” terangnya.
Selain 6 hakim yang ada saat ini, PN Bitung juga memiliki empat hakim Advokad atau pengacara khusus yang menangani kasus Perikani.
”Namun sayangnya dari banyaknya kasus illegal fishing yang terjadi tahun ini, hanya sekitar 5 kasus yang masuk ke Pengadilan Perikani,” tutup Salihin. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading