Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

PNPM di Tomohon Buahkan Hasil

Ardi Kalumata   |   4 November 2011 – 08:14 WITA

Tomohon, MTC – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan di Kota Tomohon mulai memperlihatkan hasil. Lihat saja program yang dilaksanakan di Kelurahan Woloan Satu Utara. Kecamatan Tomohon Barat.

Sejak tahun 2004, tercatat sudah menyerap dana bantuan sebanyak Rp 400 juta. Untuk Woloan Satu melaksanakan program Penanggulangan Kemiskinan Terpadu (PAKET), merupakan hasil kemitraan Pemerintah Kota, Pengusaha, Perguruan Tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Kelompok lainnya.

Pada tahap II tahun 2007 untuk pengadaan air bersih yang dilaksanakan kelompok pelaksanaan Pakem Welu. Proyek yang berbanderol Rp 106 juta yang terdiri dari BLM Paket Rp 98 juta dan swadaya masyarakat Rp 8 juta telah mengatasi kesulitan air 27 Kepala Keluarga atau 110 jiwa di kelurahan tersebut.

‘’Kami sangat merasakan manfaat program ini. Sebelumnya kesulitan air, kini sudah tidak lagi,’’ ungkap sejumlah warga Woloan Satu Utara seraya menambahkan sebelum proyek tersebut mereka harus mengeluarkan sekitar Rp 20 ribu perhari untuk memperoleh air bersih.

‘’Proyek ini terus dikontrol sehingga jika ada kerusakan langsung diperbaiki sehingga air bersih bisa lancar,’’ jelas Lurah Woloan I John Tamboto yang juga Koordinator Tim Operasional dan Pemeliharaan.

Sementara itu, Koordinator Kota PNPM Mandiri Perkotaan Tomohon Michiko Mamuaja mengungkapkan, sudah tiga proyek untuk kelurahan tersebut, yakni 2006 proyek perbaikan jalan, tahun 2007 pembuatan jalan pertanian, pengadaan air bersih dan tahun 2009 juga pembangunan jalan.

Program selanjutnya adalah Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Kinerja (PLPBK) dengan dana sebesar Rp 1 miliar. ‘’Untuk Tomohon, penerima adalah Kelurahan Woloan Satu Utara dan Kelurahan Kampung Jawa. Keduanya mewakili Sulut dari 155 kelurahan dan desa se-Indonesia,’’ jelas Adri Wongkar Asisten Korkot Bidang Infrastruktur.

Ditambahkannya, untuk tahap awal sudah dicairkan sebesar Rp 200 juta. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading