Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

PNS Harus Jadi Contoh Pembayar Pajak

Redaksi Manado Today   |   10 Maret 2011 – 21:37 WITA

Manado Today – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Sinyo H Sarundajang minta pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai swasta menjadi contoh sebagai pembayar pajak, oleh karenanya bagi mereka yang belum memiliki Nomor Pendaftaran Wajib Pajak (NPWP), agar segera mengurusnya.

“Hal ini diharapkan menjadi contoh yang baik bagi warga Sulut umum dan wajib pajak khususnya sekaligus dapat menjadi pemicu peningkatan kepatuhan penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi di Sulut,” katanya pada Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun Pajak 2010 di Manado, Kamis.

Sarundajang mengatakan, demi kelancaran pelaksanaan dan tertib administrasi sebagai surat edaran Edaran Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara Nomor SE-02/Men/PAN/3/2009 tanggal 31 Maret 2009, maka pejabat strukturan eselon II atau III di bidang pengelolaan sumber daya manusia agar memfasilitasi pendaftaran NPWP, tata cara pengisian SPT Tahunan PPh serta penyampaian SPT Tahunan PPh.

“Pajak yang dibayar wajib pajak menopang hampir 77 persen dari pendapatan negara yang digunakan untuk membayar gaji, subsidi konsumsi energi, subsidi kesehatan dan pendidikan serta penyediaan infrastruktur, karena itu sudah seharusnya masyarakat luas sadar akan pentingnya pajak ini,” kata Sanny.

Selaku wajib pajak yang patuh, kata Sarundajang, maka semua masyarakat berkewajiban untuk membayar pajak dan melaporkan SPT tahunan PPh wajib pajak orang pribadi sebelum tanggal jatuh tempo penyampaian berakhir.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Suluttenggo dan Maluku Utara, Bambang Basuki mengatakan, batas waktu penyampaian SPT Tahunan orang. PPh orang pribadi yakni tanggal 31 Maret 2011 dan SPT Tahunan PPh Badan, paling lambat 30 April 2011.

Semua pelayanan perpajakan di kantor pelayanan pajak tidak dipungut biaya, apabila ada keluhan maka masyarakat dapat memberitahukan kepada kantor pajak melalui Kring pajak 500200 atau complain center 0431 -863260. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading