Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pol PP dan Distakot Bersihkan Bangunan Liar di Pasar Karombasan

Aldi Mawitjere   |   23 Agustus 2012 – 21:19 WITA
Pol- PP Manado

Penertiban Pol-PP seperti ini akan terus dilakukan di Manado.(ist)

MANADO, (manadotoday.com) — Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) bersama Dinas Tata Kota (Distakot) Manado, Kamis (23/8/2012) menertibkan bangunan-bangunan liar di pasar karombasan yang telah dijadikan tempat usaha.

Tak ayal, sedikitnya 4 bangunan kios milik pedagang kaki lima yang dibongkar secara tertib oleh Pol-PP.

Kasat PoL PP Manado, Vicky Koagouw menerangkan, kegiatan penertiban ini akan terus dilanjutkan. Sebelumnya pemilik rumah atau bangunan kios jualan yang berdiri di badan jalan atau trotoar telah diberikan peringatan melalui surat larangan tidak bisa menggelar dagangan atau mendirikan bangunan di lokasi tersebut.

“Kita jalankan kegiatan ini sesuai dengan aturan dengan mengacu pada peraturan daerah. Jadi kegiatan ini akan terus dilakukan untuk menata kembali kota Manado agar tidak terkesan semrawut,”tegas Koagouw.

Kadistakot Manado, Amos Kenda, mengakui masih banyak posisi bangunan kios dan rumah telah menggunakan fasilitas publik yang perlu ditata.

“Kami berharap agar pemilik rumah dan bangunan kios yang tidak sesuai dengan aturan agar bisa membongkar sendiri bangunan itu. Jangan nanti tunggu ada penertiban baru melakukan perlawanan padahal sudah ada pemberitahuan terlebih dahulu ke pemilik,”kata Kenda.

Salah satu Keluarga Kaligis-Bolung pemilik kios di samping Puskesmas Karombasan menyatakan akan segera membongkar bangunan warung kios dan usaha elektronik miliknya.

“Tapi bagi pak petugas agar memberikan waktu bagi kami karena barang-barang yang didalam kios begitu banyak,”keluh keluarga tersebut.

Sempat terjadi adu mulut, namun dengan adanya itikad baik keluarga tersebut membongkat sendiri bangunan warung miliknya, akhirnya pihak Pol PP dan personil Dinas Tata Kota memberikan waktu hingga Senin depan.

Menariknya, sejumlah bangunan liar yang menempel di gedung Kopsu terminal Karombasan diharapkan untuk ikut dibongkar karena telah menggunakan trotoar.

“Kita akan menyurat  bangunan-bangunan tersebut dan pekan depan kita akan lakukan penertiban. Tidak hanya di gedung tersebut tapi semua bangunan yang dianggap tidak sesuai aturan akan ditertibkan,”kunci Koagouw.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading