Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Headline

Polres dan Imigrasi Bitung Diminta Tertibkan Nelayan Asing

Staff Manado Today   |   25 April 2011 – 19:03 WITA

Bitung Today – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bitung meminta Polres dan Imigrasi Bitung menertibkan para nelayan asing asal Filipina yang menempati wilayah pesisir pantai sejumlah kelurahan di Bitung.Hal ini disebabkan karena para nelayan asing ini diduga tidak dilengkapi dokumen keimigrasian yang sah dan identitas sebagai tanda pengenal lainnya.

“Jika tidak ditertibkan dikuatirkan wilayah Kota Bitung dapat disusupi oleh oknum atau kelompok tertentu yang bertujuan untuk mengganggu kamtibmas dan stabilitas di daerah ini dan aparat kepolisian, imigrasi dan pihak pemerintah, harus secepatnya melakukan tindakan, ” tandas Ketua Komisi A DPRD Bitung, Laode Sumaila SH.

Selanjutnya menurut Sumaila, Komisi A DPRD Kota Bitung akan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, Imigrasi dan Pemerintah Kota Bitung untuk menangani masalah nelayan asing tersebut.

Terpisah , salah satu tokoh masyarakat Wangurer Edy Matindas menyatakan kekuatirannya, pasalnya para nelayan asing itu selain tinggal digubuk tepi pantai, mereka juga sering melakukan pesta minuman keras baik siang maupun malam hari.

“Jangan sampai peristiwa penikaman di Tanjung Merah terjadi lagi dimana ketika itu seorang warga setempat ditikam oleh nelayan asal Filipina akibat miras,” ujar Eddy Matindas.

Bukan hanya itu kata Matindas, diwilayah pesisir pantai Wangurer sering terjadi aktifitas bongkar muat kapal atau perahu-perahu nelayan Filipina, yang seharusnya dilakukan ditempat resmi seperti di pelelangan ikan atau di dermaga perusahaan yang tentu diatur dengan Perda dan dipungut biaya retribusi.

“Ini sudah lama dilaporkan ke Lurah Wangurer, namun hingga kini belum ada tindak lanjut, “ tukasnya sembari berharap pemkot Bitung akan memperhatikan hal ini. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading