Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Polsek Bitung Utara Tahan Pelaku Illegal Logging

Staff Manado Today   |   23 Mei 2011 – 20:29 WITA

Bitung Today – Setelah sebelumnya hanya dimintai keterangan terkait dugaan kasus illegal logging, akhirnya Senin (22/05/2011) hari ini, RK warga Kelurahan Dua Sudara Kota Bitung, akhirnya ditahan Polsek Bitung Utara.Kapolsek Bitung Barat AKP Venty Kawulur saat dihubungi manadotoday mengatakan, penahanan terhadap RK itu, untuk kepentingan penyelidikan dan juga menghindari agar dirinya tak akan melarikan diri.

“Jika tersangka dibiarkan dikawatirkan tersangka akan mengulangi lagi perbuatannya. Oleh karena itu tersangka kami tahan,” ungkap Kawulur.

Lanjutnya mengatakan, barang bukti berupa dua chain shaw dan 7 lembar kayu jenis Cempaka, telah diamankan Polsek Bitung. Sementara barang bukti lain berupa beberapa Lok kayu (potongan kayu sepanjang 4 meter yang belum diolah) masih di TKP.

Disampaikannya lagi, RK dikenai pasal Pasal 78 ayat 5 dan 6 UU RI, No 41 thn 1999 jo, psl 50 ayat 3 huruf e dan k UU RI no 41 thn 1999 tentang kehutanan, jo psl 55 ayat 1 ke 1e KUHP.

”Yang ancaman Pidana penjaranya maksimal 10 tahun’ ujar Kawulur.

Perlu diketahui, RK bersama dua rekannya sempat diamankan Polsek Bitung Utara pada 9 Mey 2011 lalu, karena diduga melakukan pembalakan liar di Hutan Lindung Wiau. Dalam penagkapan itu juga, diamankan barang bukti berupa Chain Shaw (Mesin pemotong kayu), dan 7 potong kayu. Namun saat itu, para pelaku yang diduga melakukan pembalakan liar hanya dimintai keterangan dan tidak sempat ditahan. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading