Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Pontororing: Alih Fungsi Hutan dan Sawah Penyebab Utama Banjir

Ardi Kalumata   |   14 April 2012 – 12:53 WITA

TOMOHON, (manadotoday.com)—Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tomohon Ir Enos Potororing MSi mengungkapkan, alih fungsi hutan dan sawah menjadi pemukiman menjadi penyebab utama terjadinya luapan air dan banjir jika hujan di beberapa lokasi di Kota Tomohon.

Pontororing: Alih Fungsi Hutan dan Sawah Penyebab Utama Banjir

Ir. Enos Pontororing MSi

Penyebab lainnya adalah sampah yang telah memenuhi saluran-saluran air yang menyumbat jalannya air sehingga terjadi luapan.

‘’Masalah ini menjadi tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat. Untuk itu, imbauan pemerintah agar tidak mengalihfungsikan sawah dan hutan supaya tidak dilanggar. Bagitu juga dengan sampah. Jangan membuang sampah sembarangan yang ujung-ujungnya menyumbat saluran air,’’ ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tomohon Ir Enos Pontororing MSi kepada manadotoday.com.

Dikatakannya, luapan air sehingga terjadi banjir nanti terjadi akhir-aakhir ini. Dulunya tidak.

“Ini karena pengalihan fungsi hutan dan sawah dan sampah yang dibuang sembarangan,” tandas Pontororing.

Meski begitu, mantan Kabag Pembangunan ini mengatakan pihaknya terus berupaya untuk memperbaiki sistem drainase yang ada saat ini. Karena, walaupun drainasenya lebar, tapi sepertinya sudah tidak mampu menampung air yang datang ketika hujan.

‘’Kami memang focus fi daerah Muung Matani I dengan membangun cek dam di beberapa lokasi untuk memperlambat air yang datang dari Gunung Mahawu dan Gunung Masarang ketika hujan. Berikutnya baru ke arah Selatan yakni Walian da sekitarnya,’’ tukas Enos. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading