Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Potensi Perikanan Bitung Belum Dikelola Maksimal

Staff Manado Today   |   5 Mei 2011 – 09:49 WITA

Nelayan Bitung Hanya Jadi Penonton di Negeri Sendiri

Bitung Today – Owner PT Skipjack Indonesia Pratama, Hein Semuel Kojongian menilai potensi perikanan di Kota Bitung belum dikelola secara maksimal, hal ini dikarenakan kurangnya sumber daya manusia dalam mengelola potensi tersebut, ditambah lagi sarana penunjang yang belum memadai, sehingga mengakibatkan Nelayan di Kota Bitung hanya menjadi penonton di negerinya sendiri.”Kita ketahui bersama, banyak nelayan asal Philipina dan Thailand yang mencari ikan di perairan Bitung, dikarenakan potensi kelautan di wilayah mereka masih kurang, sehingga mereka kemari untuk mendapatkan keuntungan.Sementara para nelayan kita disini, hanya menjadi penonton di negerinya sendiri, dikarenakan, minimnya sumber daya manusia serta sarana bagi para nelayan,” terang Kojongian salah satu pengusaha yang bergerak di bidang Perikanan.

Untuk itu kata pengusaha pemilik pabrik pengalengan ikan ini, dengan adanya Memorandum Of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Dirjen perikanan tangkap, bekerjasama dengan pengusaha perikanan tangkap terpadu serta Akademi Perikanan Bitung pada pekan lalu, diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat nelayan.

“Saya sangat salut dengan adanya kerjasama antara pengusaha, dan Akademi Perikanan Bitung. Sebab nantinya, kami akan menjadi fasilitator bagi para siswa lulusan dari akademi perikanan ini untuk dapat menunjukkan keahliannya di atas kapal dalam menangkap ikan serta mengatur sistem untuk meraih keuntungan. Sehingga kelak sumber daya manusia di Sulawesi Utara terlebh Bitung bisa mampu bersaing dengan orang luar,” papar suami Ansje wowor ini.

Selain itu, lanjut salah satu Owner PT Wailan Pratama ini, pihak pemerintah kota Bitung juga sangat mendukung para pengusaha perikanan terpadu dalam mengembangkan usahanya di Kota Cakalang.

” Pak Hanny Sondakh dan Pak Max Lomban sangat peduli dengan kami para pengusaha, karena telah membuka lapangan kerja bagi warga Bitung,” tuturnya sembari menambahkan potensi kelautan dan perikanan  Bitung yang sangat besar, harus menjadi motivasi bagi seluruh pihak terkait agar potensi tersebut dapat diberdayakan secara maksimal.(lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading