Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Prasetio: Hutan Alam Gorontalo Istimewa

Staff Manado Today   |   29 April 2011 – 22:07 WITA

Gorontalo Today – Hutan alam Gorontalo memiliki keistimewaan, karena terletak di Pulau Sulawesi, yang dikenal dengan jumlah biota khas tertinggi di Wallacea.Hal itu dikemukakan staf lapangan dari Perhimpunan Burung Indonesia di Gorontalo Eko Prasetio, Jumat.

” Dalam kawasan Hutan Gorontalo, tersebar mamalia yang paling unik di Asia, seperi Babi rusa, Maleo dan Anoa,” kata dia.

Selain itu, hutan alam di wilayah itu masih cenderung kompak, seperti yang berada di Kabupaten Pohuwato dan Boalemo.

Dia menjelaskan bahwa hutan di Gorontalo, terbetang seluas 340 ribu hektar, terdiri dari hutan produksi , dua kawasan hutan konservasi dan sembilan kawasan hutan lindung.

Dia mengatakan, khusus di Pohuwato – Boalemo, terdapat kawasan hutan produksi bekas tebangan, yang meski produktivitasnya berkurang, namun kawasan ini tetap penting bagi keanekaragaman hayati.

” Fokus pertama untuk memulihkan fungsi ekosistem di kawasan itu, adalah dengan menangguhkan pembalakan liar,” katanya.

Dia mengatakan, Burung Indonesia tengah merencanakan restorasi ekosistem untuk mengupayakan hal tersebut, dengan mengembangkan komoditas bukan kayu dan jasa-jasa lingkungan.

Dengan demikian, maka kawasan hutan alam di Popayato dan Paguat bisa pulih kembali, dan juga bisa membawa manfaat ekonomi, tanpa harus menebang pohon. (ant/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading