Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Produk Impor Jepang di Manado Diawasi

Redaksi Manado Today   |   19 Maret 2011 – 10:32 WITA

Manado Today – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Sanny Parengkuan mengatakan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan langkah antisipatif pengawasan produk pangan impor dari Jepang guna menghindari dampak negatif radiasi nuklir terhadap masyarakat di daerah ini.

“Saat ini masih menunggu petunjuk selanjutnya dari Kementerian Perdagangan RI, tetapi pada intinya sudah mempersiapkan tim guna turun mengawasi produk Jepang yang beredar di daerah ini,” kata Parengkuan.

Sanny mengatakan, kandungan radiasi menjadi kekhawatiran terutama untuk produk pangan, karena itu akan dijadikan salah satu sasaran bila sudah ada petunjuk dari Kementerian Perdagangan.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Janny Rembet mengatakan, menjadi kewajiban pemerintah memberi perlindungan kepada konsumen terhadap bahan berbahaya. “Radiasi nuklir masuk kategori tersebut, namun bagaimana langkah yang akan dilakukan nanti masih menunggu petunjuk pemerintah pusat dalam hal ini Kemendag,” kata Janny.

Kendati masih menunggu petunjak pemerintah pusat, kata Janny, tetapi pihaknya sudah mulai mendata produk pangan apa saja yang beredar di Manado,” kata Janny.

Produk pangan yang disasar, kata Janny terutama yang diimpor langsung dari negari Sakura tersebut. “Perdagangan yang makin mengglobal saat ini, maka ada produk Jepang misalnya, tetapi diproduksi bukan dari negara tersebut, karena itu akan dipilih mana yang perlu diawasi,” kata Janny.

Munculnya kekhawatiran radiasi nuklir terhadap produk Jepang, menyusul bocornya sejumlah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) sebagai dampak langsung gempa dahsyat diikuti tsunami yang mengguncang negara tersebut. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading