Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Produk UKM Sulut Dipromosikan ke Belanda

Redaksi Manado Today   |   18 Maret 2011 – 22:48 WITA

Manado Today – Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Utara (Sulut) akan mempromosikan hasil karya oleh 36 usaha kecil menengah (UKM) pada Pasar Malam Indonesia berlangsung di Den Haag Belanda tanggal 1-7 April 2011.

“Hasil karya ke-36 UKM tersebut terdiri produk suvenir, hasil industri rumah tangga dan makanan khas daerah, ini akan dipromosikan di Belanda,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut, Robby Assa, Jumat siang.

Robby mengatakan, promosi ke Belanda, sangat bermanfaat untuk pengembangan pasar ke depan, mengingat salah satu kendala UKM Sulut yakni pada keterbatasan akses pasar.

“Akses pasar yang terbatas, menyebabkan banyak UKM mengeluh tidak mampu memasarkan hasil produksi mereka, diharapkan dengan kehadiran pada Pasar Malam Indonesia di Belanda, akan terbuka pasar lebih luas,”kata Robby.

Beberapa produk UKM yang diharapkan menarik minat pasar di negara tersebut, yakni suvenir dari kelapa dan makanan khas Minahasa.

Suvenir terbuat dari kelapa berupa perhiasan rumah tangga yang ketika digunakan menimbulkan kesan alami, dan ini sangat cocok bagi sebagian masyarakat di negara maju yang justri ingin menciptakan kesan alamiah dalam rumah tinggal mereka.

Untuk makanan khas yang diboyong pada promosi di Belanda ini, kata Robby yakni kacang Kawangkoan, terutama kacang sangrai, yang semakin dikenal karena rasa yang gurih dan garing.

“Yang kita bawa ke Belanda hanya merupakan sampel (contoh) saja, diharapkan dapat muncul permintaan terhadap makanan khas Minahasa oleh masyarakat Belanda dan masyarakat di kawasan Eropa dan belahan dunia lainnya,” kata Robby. (hmt/ann)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading