Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Produksi Beras Mitra 2011 Diprediksi Lampaui Target

Staff Manado Today   |   13 Oktober 2011 – 11:51 WITA
panen raya padi

Wabup Mitra saat Panen Raya padi di Desa Ranoketang

Ratahan Today – Produksi beras di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diprediksi melampaui target. Pasalnya dari target produksi beras tahun 2011 sebanyak 39 ton lebih, produksi beras Kabupaten dengan slogan pemulihan, hingga September ini sudah mencapai 37 ton lebih. Dilihat dari hasil ini, produksi beras Kabupaten Mitra bakal melampaui target.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Mitra Ir B A Tinungki MSi. Menurutnya produksi beras sampai September sudah seperti itu, dapat dipastikan produksi akan capai sampai 40 ton lebih.

“Untuk itu Kabupaten Mitra pasti akan swasembada beras. Karena secara umum Kabupaten Mitra berhasil dalam produksi, jika melihat dari data yang ada tahun 2009 produksi beras sekitar 35 ton lebih, 2010 37 ton lebih, dan tahun 2011 ini targetnya 39 ton lebih. Sementara pada bulan September sudah capai 37 ton lebih,” ungkap Tinungki, sembari memastikan kalau Bupati Mitra Telly Tjanggulung, bakal mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat, karena keberhasilan ini.

Disisi lain, soal kegagalan panen yang informasinya terjadi di Desa Kali, menurut Tinungki, tidak demikian. Karena luas lahan di Kali sekitar 50 hektar, bukan 100 hektar, sebagaimana yang diinformasikan.

“Kegagalan panen di Desa Kali tidak seperti, dan kami sudah turun langsung ke lapangan. Namun kami tetap akan membantu masyarakat petani dengan memberikan pupuk serta bibit, dan juga akan didampingi oleh para penyuluh, agar mereka dapat seragam menanam, mengantisipasi penyakit tungro yang disebabakan oleh hama wereng hijau,” kata Tinungki. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading