Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Produksi Minyak Kelapa Alami Penurunan

Staff Manado Today   |   19 Juni 2011 – 21:15 WITA

Manado Today – Produksi minyak kelapa Sulut tahun 2010 mengalami penurunan sembilan persen karena hanya mencapai 341.248 ton, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencatat 375.784 ton.

Kepala Disperindag Sulut, Sanny Parengkuan mengatakan penurunan produksi ini diakibatkan kekurangan bahan baku.

Diketahui, di Sulut ada lima pabrik minyak kelapa yang beroperasi secara kontinu yaitu, PT Salim Ivomas(Bimoli), PT Agro Makmur Raya, PT Royal Coconut, PT Multi Nabati Sulawesi Utara dan PT Cargill.

Dan kelima pabrik minyak kelapa tersebut mampu memproduksi atau kapasitas maksimal mencapai 690.335 ton, dan dengan realisasi produksi pada 2010 hanya 341.248 ton berarti yang termanfaatkan hanya 49 persen.

“Bahan baku kelapa yang menurun tajam setiap tahun, menyebabkan separuh dari kapasitas pabrik dalam kondisi tidak termanfaatkan,” ujar Sanny.

Berdasarkan data yang diterima Disperindag Sulut, dari kelima pabrik tersebut hanya PT Multi Nabati Sulawesi dan PT Royal Coconut yang beroperasi sekitar 70 persen.

Penurunan ini dikhawatirkan berdampak pada kuantitas ekspor komoditas andalan Sulut ini ke berbagai negara nantinya.

“Minyak kelapa sebagai komoditas unggulan Sulut, khususnya minyak kelapa kasar (crude coconut oil) masih mendominasi komoditas penghasil devisa bagi Sulawesi Utara, sehingga penurunan ini berpotensi pada penurunan eks[por yang signifikan,” tandas Sanny. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading