Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Program 3P PLN Perlu Dukungan Masyarakat

Staff Manado Today   |   17 September 2012 – 08:16 WITA
Humas PT PLN Suluttenggo

L.R.A Maleke

MANADO, (manadotoday.com) – Salah satu program yang diterapkan PT PLN Suluttenggo yakni Penanaman, Pemeliharaan dan Pemangkasan (3P) pohon, perlu mendapat dukungan dari masyarakat.

Selain untuk menghijaukan kembali wajah kota dan pencegahan global warming, pemeliharaan terhadap tanaman pohon penghijauan perlu dilakukan secara intensif.Demikian pula, adanya pemangkasan dahan pohon dan ranting yang mengenai peralatan listrik, tentunya merupakan bentuk antisipasi terjadinya masalah pada aliran listrik bagi masyarakat.

Upaya ini patut didukung masyarakat yang juga merupakan tanggung jawab pemerintah. Hal ini untuk menjaga keseimbangan alam juga dalam rangka peningkatan pelayanan PLN terhadap konsumen, mengingat belakangan ini kerap terjadi gangguan listrik akibat terjadi sentuhan pepohonan yang berada di sepanjang jalur jaringan listrik.

Sementara itu, Deputi Humas PT PLN Suluttenggo menjelaskan, program 3P dimaksudkan agar ada sinergi yang seimbang dan tujuannya untuk mengurangi tingkat pemadaman listrik akibat pohon yang tumbang ke jaringan listrik.

Menanggapi banyaknya keluhan terkait pemangkasan yang dilakukan pihak PLN yang dinilai tidak beraturan, Maleke mengakui program 3P belum sepenuhnya dijalankan secara maksimal, sehingga perlu pembenahan dan perhatian khusus.

“Memang program 3P belum nampak karena belum lama diterapkan. Untuk itu dimohon pengertian dan kerjasama antara pemerintah, PLN, dan tentunya masyarakat. Agar tidak ada yang saling menyalahkan,” ungkap Maleke seraya mengajak seluruh kalangan masyarakat bergandengan tangan untuk kebaikan bersama dalam penerapan program 3P.Menyikapi terjadinya pemadaman listrik yang sering dikeluhkan warga, Maleke menuturkan, hal itu murni diakibatkan gangguan jaringan listrik. Sebaliknya bukan karena kekurangan daya, namun merupakan dampak pada pembangkit sistem kelistrikan.

Dilain pihak, Maleke memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah memberikan suport serta dudukungan terhadap pelaksanaan program 3P ini. “Kami juga berharap seluruh masyarakat akan mendukung program ini (3P) demi kepentingan bersama,” pintanya.

Penerapan program 3P ternyata menuai dukungan dari masyarakat. Sejumlah masyarakat mengakui, program ini berdampak positif bagi kelistrikan di daerah ini.

“Apabila dahan dan ranting pohon yang mengenai kabel listrik tidak dipangkas, maka bisa saja berdampak buruk pada masyarakat. Misalnya, ketika angin kencang, dahan pohon yang patah dapat mengakibatkan kabel listrik putus, sehingga bisa berdampak pada kerugian material maupun korban jiwa pada masyarakat,” tukas Vecky Pattymahu SH, salah satu pemerhati sosial dan masyarakat.(*)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading