Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung, Headline

Proyek PNPM Bitung Barat II Dipertanyakan Warga

Staff Manado Today   |   1 April 2011 – 09:10 WITA

Bitung Today – Sejumlah warga mempertanyakan proyek fisik Mandi Cuci Kakus (MCK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) perkotaan, yang dibangun di lingkungan IV RT 01, Kelurahan Bitung Barat II.

Foto : Bangunan MCK PNPM yangdipersoalkan warga

Foto : Bangunan MCK PNPM yangdipersoalkan warga

Pasalnya menurut warga bangunan tersebut milik Koperasi Andalas bukan milik PNPM.

“Setahu kami bangunan ini milik Koperasi Andalas, bukan milik PNPM. Karena biasanya program PNPM dimusyawarahkan terlebih dahulu, namun kenyataan ini tidak demikian,“ ujar Abdul Muhamad Humma, Rafiin Mangero, samuel Mamesah, dan Rens Mantiri tokoh masyarakat setempat kepada manadotoday, Jumat (01/04/2011).

Parahnya lagi menurut warga, koordinator PNPM kelurahan Bitung Barat nanti memasang papan proyek setelah bangunan tersebut realisasinya sudah sekitar 90 persen, padahal itu bukan milik PNPM. Ditambah pula volume proyek dalam papan tersebut tidak sesuai dengan apa yang telah dikerjakan.

“Takutnya, PNPM akan melaporkan bahwa ini merupakan proyek PNPM, karena dari informasi yang kami dengar PNPM akan mengganti , besarnya dana yang telah dikeluarkan oleh koperasi Andalas, “ terang Humma sembari mengatakan bahwa hal ini telah dilaporkan ke pihak Kepolisian.

Senada dengan warga, Pemilik Koperasi Andalas Andi Paraparaga, ketika dikonfirmasi mengakui jika bangunan tersebut milik koperasinya, yang merupakan bantuan dari Kementrian Perumahan rakyat.

“Bangunan MCK dibelakang, musolah milik Koperasi Andalas dan bukan milik PNPM, Saya siap dikonfontir jika bangunan ini milik PNPM, bangunan tersebut dibangun melebihi RAPS, “ terang Parparaga.

Terpisah, Koordinator PNPM Kelurahan Bitung Barat II Iqbal, membantah akan hal tersebut, menurutnya bangunan MCK yang tepat berada di belakang Musolah tersebut adalah milik PNPM Kelurahan Bitung Barat II, yang dibangun sejak nol persen, hingga saat ini dan telah melalui hasil survey PNPM.

“Bangunan itu milik PNPM, ini hanyalah miskomunikasi, dan ketidak tahuan mereka , karena mereka juga bukan penerima manfaat dari bangunan ini,” terangnya.

Ketika ditanyakan perihal jumlah volume yang terpampang di papan proyek tidak sesuai dengan apa yang telah dikerjakan ia mengatakan hal itu kemungkinan hanyalah kesalahan tehnis.

Dia juga mensuport jika warga melaporkan hal ini ke pihak berwajib, jika ada temuan penyimpangan.

“ Jika ada warga menemukan adanya penyimpangan silahkan warga melaporkan hal tersebut, ” ujarnya.

Sementara itu Lurah Bitung Barat II Felix Hengkeng ketika ditemui mengatakan bahwa bangunan tersebut milik PNPM, bukan milik Koperasi Andalas.

“Bangunan MCK di RT 01 Lingkungan Iv tersebut milik PNPM, dan memang ada 4 bangunan MCK milik Koperasi namun berlokasi di RT lain di lingkungan yang sama, ” terang Hengkeng membenarkan. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading