Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Psikolog : Lagu Dewasa Cemari Kosa Kata Anak

Staff Manado Today   |   21 Juni 2011 – 16:16 WITA

Gorontalo Today – Kosa-kata anak-anak di Indonesia saat ini telah tercemar atau terkontaminasi dengan lirik-lirik lagu dewasa yang tidak jarang mengandung unsur-unsur vulgar atau tidak senonoh.

Menurut Rusdiah Agustina Konsultan psikologi anak dan keluarga di Gorontalo, mengungkapkan kian maraknya serbuan media yang ‘menyergap’ ke telinga anak Indonesia dengan lagu orang dewasa, yang sebenarnya belum pantas mereka dengar.

“Parahnya, orang tua seolah tidak menyadari atau justru tidak peduli akan hal ini, bahkan tidak jarang ada orang tua yang bangga mendengarkan buah hatinya bisa melafalkan lagu-lagu tersebut” ujarnya.

Lagu-lagu orang dewasa yang liriknya banyak mengandung kata-kata vulgar seperti ‘selingkuh’, ‘bajingan’, ‘hamil’, ‘kurang ajar’ atau ‘bercinta’ menjadi sangat mudah diucapkan anak-anak saat ini tanpa mereka ketahui arti sebenarnya.

Hal tersebut dapat mudah dijumpai dalam perayaan ulang tahun anak atau dalam ajang lomba menyanyi untuk anak-anak, karena yang ditampilkan justru lagu dewasa, membuat anak kian akrab dengan kosa kata yang tak lazim itu.

Rusdiah juga merasa prihatin dengan tidak berkembangnya lagu anak-anak di Indonesia sekarang ini.

“Sekarang ini kian jarang kita mendengar lagu anak yang bernada gembira dan yang mengandung unsur pengajaran,” tambahnya sambil menghimbau media massa di negeri ini agar memperhatikan masalah tersebut, dengan memberikan porsi sesuai atau memberikan ruang kreativitas bagi lagu anak.

“Setidaknya dengan tayangan yang bermutu, mentalitas anak di Indonesia dapat terbentuk dengan baik,” kata Rusdiah. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading