Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

PT Air Manado Tidak Berkoordinasi dengan PU

Aldi Mawitjere   |   4 November 2011 – 22:25 WITA

Soal Jalan Rusak Akibat Perbaikan Pipa

Ferry Siwi

Kadis PU Manado : Ir Ferry Siwi MSi

Manado, MTC – Banyaknya jalan yang rusak akibat galian pipa PT Air Manado dikeluhkan masyarakat. Pasalnya, jalan rusak tersebut selain mengganggu aktifitas di jalan raya, juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban meninggal dunia.

Warga berharap pihak PT Air Manado bertanggung jawab atas kerusakan jalan yang disebabkan adanya perbaikan jaringan pipa itu. Sementara, Direktur Utama (Dirut) PT Air Manado, Ir Otniel Kojansouw, kepada wartawan beberapa waktu lalu mengatakan soal perbaikan jalan diserahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU). Alasannya, instansi tersebut memiliki kewenangan secara teknis mengenai konstruksi jalan, disamping adanya dana pemeliharaan jalan yang teranggarkan.

“Kita selalu berkoordinasi dengan Dinas PU baik kota maupun propinsi, terkait pengaspalan jalan pada jaringan pipa yang rusak. Apalagi, di dinas tersebut ada anggaran pemeliharaan jalan, jadi sekaligus dengan perbaikan jalan karena galian pipa,”ujar Kojansouw.

PT Air sendiri, menurut mantan Asisten II Pemerintah Kota (Pemkot) Manado itu, telah menyediakan dana yang diberikan kepada Dinas PU untuk perbaikan jalan.

Sementara, Kepala Dinas PU Manado, Ir Ferry Siwi Msi, kepada sejumlah, membantah jika PT Air Manado selalu melakukan koordinasi sebelum melakukan penggalian pipa yang bocor. Menurutnya, selama ini pihaknya sangat terbuka dan siap membantu PT Air Manado untuk menangani masalah kerusakan jalan. Namun, tidak ada koordinasi dari PT Air Manado.

“PT Air hanya satu kali berkoordinasi dengan kita, selanjutnya sudah tidak pernah lagi. Padahal, koordinasi itu penting untuk mendapatkan ijin melakukan penggalian jaringan pipa,”tandas Siwi.

Lanjut dikatakan, menyangkut pengaspalan jalan, pihaknya selalu meminta PT Air untuk mengembalikan seperti semula jika pekerjaan perbaikan telah selesai. Tetapi, kenyataan yang terjadi justru tidak diperbaiki.

“PT Air meminta kita untuk memperbaiki jalan yang rusak akibat galian. Mereka juga sudah menanyakan berapa biayanya. Setelah disepakati biayanya, kita akan serahkan kepada rekanan untuk mengaspal jalan. Tetapi, PT Air tidak sanggup bayar, perjanjian enam tong aspal tetapi yang dibayar hanya dua tong. Bagaimana ini,”pungkas Siwi, seraya menilai PT Air Manado tidak memiliki kemampuan dana untuk operasional. Padahal, perusahaan itu adalah perusahaan patungan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dengan WMD Belanda.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading