Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

PT SMI Mangkir Hadiri Hearing Dengan Komisi A DPRD Kota Bitung

Aldy Monareh   |   19 Desember 2011 – 23:28 WITA

Diduga Pimpinan Perusahaan Telah Melarikan Diri
Bitung, MTC – Padahal telah diagendakan untuk dilakukan hearing antara Komisi A DPRD Kota Bitung, Dinas Tenaga Kerja, PT Samudera Mega Indonesia (SMI) Bitung, SBSI Transportasi Pelayaran Bitung yang diwakili oleh Ketuanya Suyanto Makalalang dan karyawan PT. SMI, perihal belum dibayarkannya gaji dan pesangon sekitar 50 karyawan. Namun PT SMI ini tidak kunjung memenuhi undangan Komisi A DPRD Bitung, Senin (19/12/2011) siang tadi.
Meningat hal ini sangat penting untuk ditiondalanjuti Komisi A DPRD Kota Bitung, beserta sejumlah staff dari Disnaker kemudian sepakat menyambangi PT SMI yang terletak Kelurahan Bitung Timur.
Sayangnya kunjungan rombongan Komisi A yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi A Laode Sumaila, tidak berbuah hasil. Pasalnya pimpinan PT SMI yang diduga milik Pengusaha asal Filipina yang bergerak di bidang Perikanan ini, ketika dikunjungi tidak berada di tempat, sebab yang ditemui di lokasi kantor PT SMI hanya petugas security.
Terpantau di lokasi perusahan tidak ada aktivitas bahkan yang terlihat hanya sejumlah ruangan kosong. Komisi A kemudian melakukan Tanya jawab dengan karyawan tersebut, dari pengakuan sejumlah karyawan hingga saat ini mereka sudah enam bulan belum menerima upah .
“Janji perusahan bulan desember akan di bayarkan atau di lunasi semua gaji mereka ,” tandas salah satu Karyawan.
Ia mengatakan sudah beberapa pekan terakhir tidak ada aktivitas di perusahan itu dan disinyalir pemilik perusahan telah melarikan diri ke Filipina.
“Tujuh unit kapal ikan milik perusahan masih standby dengan peralatan lengkap dan terparkir dibelakang perusahaan,” ujarnya.
Menyikapi persaoalan ini anggota Komisi A DPRD Kota Bitung Victor Tatanude menegaskan bahwa Disanaker saat ini harus mengambil tindakan tegas dengan melaporkan hal ini ke aparat Kepolisian.
“Pemasalahan ini sebaiknya dilaporkan saja ke aparat berwajib, karena pihak perusahaan tidak ada itikad baik menyelesaikan permasalahan ini,” tandasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading