Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Utara

PTUN Manado Menangkan Gugatan Tuwaidan-Kumentas

Redaksi Manado Today   |   26 Mei 2011 – 19:19 WITA

Manado Today – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado memenangkan perkara gugatan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut), Fransiska Tuwaidan-Willy Kumentas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 3 Agustus 2010 lalu.

Hubmas PTUN Muhammad Iqbal di Manado, Kamis siang menjelaskan, Majelis Hakim PTUN Manado dipimpin Budi Hartono, didampingi dua anggota, Jusak Sindar dan Muhammad Iqbal telah memutuskan menerima gugatan dari penggugat, pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Minut, Tuwaidan-Kumentas.

Persidangan yang dihadiri Kuasa Hukum tergugat I, yakni Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD ) Minahasa Utara itu, berlangsung aman dan lancar, meski demikian pihak keamanan Polresta Manado menurunkan sejumlah petugas dan mobil watercanon berjaga-jaga di sepanjang Jalan Pumorouw.

Pasangan calon bupati Tuwaidan-Kumentas sebelumnya melayangkan surat gugatan di PTUN Manado terhadap tergugat I KPUD Minut dan tergugat II Menteri Dalam Negeri (Mendagri), yang telah menetapkan pasangan Sompie Singal-Yulisa Baramuli selaku pemenang Pilkada Bupati-Wakil Bupati Minut, 3 Agustus 2010 lalu.

Kuasa Hukum Tuwaidan-Kumentas, Maria Pangemanan mengatakan SH, alasan penggugat adalah kedua pasangan tersebut tidak memenuhi syarat mutlak pencapaian 15 persen suara di DPRD Minut.

“Kami menggugat pasangan Sompie Singal-Yulisa Baramuli karena dinilai tidak memenuhi syarat mengikuti Pilkada, dimana partai pendukungnya PAN dan Hanura menarik dukungannya, sedangkan pengurus Partai Demokrat sudah di demisioner oleh DPP,” katanya.

Sementara ratusan pendukung pasangan calon Bupati Minahasa Utara (Minut), Tuwaidan-Kumentas menyambut baik putusan sidang Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado menerima gugatannya.

Maria Pengemanan diantara massa pendukung pasangan calon bupati-wakil bupati tersebut mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada Tuhan Yang maha Esa karena gugatannya tehadap pasangan Bupati-Wakil Bupati Minut, Sompie Singal-Yulisa Baramuli diterima PTUN Manado.

“Kami sangat bersyukur karena PTUN Manado telah memutuskan menerima perkara gugatan tersebut, ini membuktikan kebenaran di depan mata,” kata Maria Pengemanan, disambut yel-yel massa yang sudah sejak pagi menunggu di depan kantor PTUN Manado. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading